BERITABETA.COM, Ambon – Keluhan sejumlah warga dan masyarakat pengguna jalan terkait sampah yang menggunung di ruas jalan kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon akhirnya ditanggapi Pemerintah Kota [Pemkot] Ambon.

Kondisi timbunan sampah yang nyaris menutup ruas jalan di kawasan itu dibersihkan menggunakan alat berat dan ditinjau langsung oleh Sekretaris Kota [Sekot] Ambon Agus Ririmasse, Rabu (27/4/2022).

Sekot didampingi petrugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) tampak memantau langsung kegiatan pembersihan sampah di lokasi itu.

“Hari ini kita gerak cepat angkut semua sampah di Ahuru, karena dalam beberapa hari terakhir ini, pengaduan masyarakat cukup tinggi terkait persoalan dimaksud,” kata Agus.

Agus mengatakan, penumpukan sampah yang terjadi di kawasan tersebut, tidak bisa sepenuhnya menjadi kesalahan Pemkot Ambon, dalam hal ini DLHP.

“Ini juga tidak manusiawi, sebab di sini (Ahuru) bukan tempat pembuangan akhir sampah, tapi semua masyarakat buang sampah mereka di sini, bahkan ada yang pakai mobil,” sesalnya.

 

Sekot Agus Ririmasse saat meninjau dari dekat sampah yang membludak di kawasan Ahuru

Mantan Kadis Dukcapil Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ini mengaku pihaknya tidak mungkin menutup mata terkait persoalan itu. Kata Agus, masalah ini dapat berimbas pada keindahan kota dan kesehatan masyarakat.

“Saya  baru saja dari Jakarta, tidak pakai istirahat langsung kemari (Ahuru), dan menginstruksikan kepala DLHP agar apapun alasannya, saya tidak mau tahu, sampah di Ahuru harus bersih dan diangkut semua hari ini,” tegasnya.

Ia menghimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di kawasan Ahuru dan sekitarnya. Tapi warga diajak untuk membuang sampah di tempat yang sudah disediakan Pemkot Ambon.

“Nanti kalau sudah bersih kami minta kesadaran masyarakat agar jangan lagi seperti ini, sebab lokasi Arbes, Ahuru, bukan tempat pembuangan akhir. TPA ada di Toisapu, bukan di sini,” imbaunya (*)

Editor : dhino pattisahusiwa