BERITABETA.COM, Ambon  - Pemerintah Kota [Pemkot] Ambon memastikan di akhir tahun 2023 atau tepatnya bulan September 2023 nanti akan mengambil alih pengelolaan pusat perbelajaan Ambon Plaza [Amplaz].

Pusat perbelanjaan di kota Ambon ini, selama ini dikelolah manajemen  PT Modern Multiguna.

“Jadi  akan dikembalikan sebagai aset Pemkot Ambon pada September 2023,”  kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)  Apries Gazpersz, di Ambon, Selasa (31/1/2023).

Menurutnya, proses pengembalian aset dimulai dengan melakukan penilaian terhadap bangunan pusat perbelanjaan yang telah berusia lebih dari 20 tahun.

"Kita telah mulai dengan penilaian bangunan, selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan tahapan pengelolaan apakah dengan sistem sewa ataupun di Perjanjian Kerja Sama (PKS),  nanti akan dibahas oleh tim aset," katanya.

Apries menjelaskan, dalam rangka  megelola dan pemanfaatan barang milik daerah, Pemkot Ambon  telah melakukan kunjungan di Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

"Melalui kunjungan tersebut Kota Ambon belajar mengadaptasi regulasi yang dipakai kota Malang dalam pengelolaan aset daerah, karena sejauh ini Pemkot Ambon belum mampu mengelola kekayaan atau aset daerah yang dimiliki dengan baik," katanya.

Kunjungan tersebut katanya, untuk meniru Pemkot Malang terkait dengan pengelolaan atau pemanfaatan aset, karena tahun ini kita akan memanfaatkan aset pemerintah yaitu Amplaz.

Ia berharap, kedepan seluruh upaya yang dilakukan terkait pengelolaan dan pemanfaatan barang milik daerah, akan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Ambon (*)

Editor : Redaksi