BERITABETA.COM, Ambon – Penyebaran COVID-19 hingga kini masih membumi di Indonesia dan Maluku. Kondisi ini membuat segala aktivitas tidak bisa berlangsung normal. Kini segala aktivitas harus dilakukan secara virtual (online), baik di perkantoran, sekolah maupun instansi-instansi lainnya.

Menyikapi kondisi ini, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku, berencana melakukan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2020 mendatang, dengan cara virtual.

Kepala Dinas Dispora Maluku, Sandi Wattimena mengaku, pihaknya memang telah menyiapkan upacara seperti tahun-tahun sebelumnya, namun lantaran COVID-19 sehingga akan dilakukan dengan virtual.

“Karena ini kondisi COVID, upacara peringatan sumpah pemuda akan kita lakukan secara virtual,” katanya kepada wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (30/9/2020).

Sandi ungkap, setelah komunikasi bersama Pemerintah Pusat (Pempus), melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, tidak menemukan tanda-tanda dilakukan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda secara langsung.

“Kemungkinan besar secara virtual. Kita bisa lihat pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) beberapa waktu lalu, juga dilakukan virtual, mungkin kali ini juga sama,” ungkapnya.

Sisi lain, kata Sandy, akibat wabah Corona, beberapa program Dispora telah dibatalkan. Semua itu lantaran recoufusing anggaran untuk penanganan COVID-19.

“Program Gubernur Maluku, yakni mengadakan lomba band di hari Sumpah Pemuda bagi pelajar dan pemuda. Namun pemotongan anggaran mencapai 50 persen, makanya ditunda,” ungkapnya lagi.

Meski demikian, Sandy menambahkan, program tersebut akan kembali digelar pada 2021, jika kondisi wabah itu telah berakhir. Sehingga itu, untuk perayaan Sumpah Pemuda ke-92 kali ini, berbagai program akan dilakukan melalui virtual.

“Agar menghindari kerumunan di tengah pandemi, maka kali ini hanya ada lomba pidato bagi para pemuda pelajar melalui virtual. Kami juga akan melakukan webinar bersama organisasi kepemudaan,” katanya. (BB-YP)