BERITABETA.COM, Ambon - Hendrik Lewerissa menyerahkan bantuan sarana prasarana produksi batu bata kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelompok Solija di Dusun Onputi, Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Bantuan berupa gerobak sebanyak 50 unit yang diserahkan diluar agenda kampanye itu, merupakan janji dari pria yang disapa HL semasa masih menjalankan tugas sebagai wakil rakyat di Senayan.

"Ini janji beta (saya) waktu masih menjadi anggota DPR RI, dan baru terealisasi sekarang ketika beta tidak lagi menjadi wakil rakyat,"ungkap Hendrik di hadapan masyarakat penerima bantuan, Jumat (11/10/2024).

HL yang saat itu, didampingi istri tercinta Maya Baby Rampen mengaku, sebagai orang beriman, apa yang telah dijanjikan harus ditepati. Hal ini merupakan komitmen dari kapitan Maluku itu, sebagai wujud ketulusan, integritas, dan kejujuran kepada masyarakat.

"Sekali janji dan sekali komitmen maka komitmen itu harus kita lakukan,"pungkasnya.

Di tempat yang sama, Suanthie John Laipeny juga memastikan pemberian bantuan dilakukan diluar agenda kampanye itu, merupakan permintaan dari UMKM Kelompok Solija yang terkendala dalam produksi batu bata.

Dan oleh beliau menyetujui untuk menolong dengan mengusahakan bantuan alat produksi batu bata semasa mengemban tugas sebagai wakil rakyat, maupun dalam tahapan Pemilihan Legislatif (Pileg).

"Kenapa dibuat siang, ini bukan kampanye untuk pemilihan Gubernur. Kalau ini namanya kampanye sedangkan gerobaknya hanya dikasi nama HL, kalau masalah Pilgub harus HL-AV,” paparnya.

Ia mengaku, apa yang dilakukan HL  murni penyerahan bantuan alat produksi batu bata sebagai janji dari beliau semasa perhelatan Pileg.

“Jadi beliau datang di Desa Latuhalat atas permintaan masyarakat bahwa mereka terkendala gerobak sebagai alat utama penunjang produksi batu bata,"sambungnya.

Dijelaskan, mekanisme penyaluran bantuan yang berasal dari corporate social responsibility (CSR), tidak langsung didapat begitu saja, tetapi melalui proses tahapan mekanisme cukup panjang, dan hal ini baru terealisasi setelah beliau selesai mengemban tugas sebagai Anggota DPR RI.

"Ini kan tidak langsung diproses langsung dapat, banyak proses yang dilalui. Sehingga hari ini baru terpenuhi dalam proses pemberian dan penyerahan bantuan,"ucapnya.

Anggota DPRD Maluku terpilih itu berharap bantuan yang diterima dapat dipergunakan dengan baik, sehingga produksi batu bata berjalan dengan lancar, dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Evi Tamaela mewakili masyarakat penerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada Hendrik Lewerissa atas cinta dan kepedulian kepada Kelompok UMKM Solija dalam kelancaran usaha.

"Sebagai masyarakat, kita sangat berterima kasih karena dengan gerobak dorong ini untuk kelancaran usaha. Kami akan menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baik,"ungkapnya.

Ia berharap kedepan jika Tuhan berkehendak beliau menjadi orang nomor satu di bumi raja-raja ini dapat melihat masyarakat secara luas, terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Maluku.

"Tuhan sayang antua jadi Gubernur, tetap apa yang Katong inginkan bisa juga membantu dalam bentuk bantuan lainnya,"harapnya (*)

Editor : Redaksi