BERITABETA.COM, Ambon – Tim medis  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M Haulussy Ambon memastikan tiga pasng calon (Paslon) Gubernur Maluku telah memenuhi syarat kesehatan untuk mengikuti kontestasi di Pilkada 2024 di Maluku.

Kepastian ini disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku melalui Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Maluku Almunadzir Sangadji, di Ambon, Jumat (6/9/2024).

“Kita sudah terima hasil tes kesehatan dan mereka semuanya memenuhi syarat baik terhadap pemeriksaan jasmani dan rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika,” kata Almunadzir Sangadji.

Sangadji menjelaskan, tes kesehatan menjadi salah satu tahapan penting untuk memastikan bahwa calon yang akan bertarung dalam pemilihan ini berada dalam kondisi fisik dan mental yang optimal.

Pemeriksaan kesehatan ini melibatkan serangkaian tes fisik dan psikologis yang bertujuan  memastikan bahwa bakal calon tidak hanya memiliki kesehatan jasmani yang baik tetapi juga stabilitas mental yang memadai

Ia mengatakan, pada saat pemeriksaan kesehatan tersebut, ada 20 metode yang digunakan  dalam proses pemeriksaan, 18 metode untuk jasmani dan rohani dan dua berkaitan dengan bebas penyalahgunaan narkotika.