BERITABETA.COM, Ambon  - Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Barnabas Nathaniel Orno menyampaikan harapannya kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATTI), untuk dapat meningkatkan peran organisasi dalam membantu pemerintah daerah membangun Maluku ke depan.

Hal ini disampaikan Wagub Maluku saat  membuka pelaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) perdana sekaligus membahas program kerja IKAPATTI periode 2021-2025 yang berlangsung di Auditorium Unpatti, Jumat, (25/6/2021).

Dalam Rakernas yang mengusung tema "Solidaritas dan Optimalisasi Sumber Daya IKAPATTI untuk Membangun Negeri," ini, Orno mengatakan, pelaksanaan Rakernas dapat dimanfaatkan sebagai momentum strategis dan menjadi wadah bagi para alumni Unpatti untuk menyatukan tekad dan semangat dalam meningkatkan peran organisasi terhadap kemajuan Maluku.

"Pemerintah saat ini terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan serta menjaga dan mengelola potensi sumber daya alam yang dilakukan secara bertahap, sesuai visi pembangunan," katanya.

Manurut Wagub, dalam upaya mewujudkan visi tersebut, pemerintah pun harus bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, serta memanfaatkan berbagai potensi sumber daya manusia Maluku, termasuk juga bersama organisasi IKAPATTI.

Wagub merasa optimis dengan peran yang akan diemban DPP IKAPATTI, mengingat potensi alumninya telah diakui dan berhasil menduduki jabatan strategis di lembaga pemerintahan pusat maupun daerah, demikian juga pada dunia usaha dan swasta.

"Saya meminta dukungan dari alumni Unpatti melalui DPP IKAPATTI untuk mendukung sepenuhnya langkah dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah, termasuk menyiapkan dan membangun kekuatan sumber daya manusia alumni dan civitas akademika Unpttati," ujar Wagub.

Ditempat yang sama, Ketua DPP IKAPATTI Muhamat Marasabessy mengaku, Rakernas ini, akan menjadi momentum kebangkitan IKAPATTI di Indonesia. Dalam.msa kepengurusan lima tahun ini, pihaknya akan memaksimalkan sumber daya untuk mendorong kemajuan di negeri ini.

Menurut Kadis PU Maluku ini, sebagai alumni terbesar di Maluku, pihaknya siap menjadi lokomotif perubahan pada daerah dan memberikan kontribusi pemikiran serta bekerja sama dengan pemerintah maupun swasta dalam berbagai bidang.

"Munculnya IKAPATTI akan menjadi kekuatan bergaining buat Maluku dalam menjawab berbagai tantangan global di Indonesia," katanya.

Untuk diketahui, pembahasan Rakernas perdana ini, akan memunculkan program prioritas di bidang kesehatan, hukum dan agama.

Pada kesempatan ini, Wagub mewakili IKAPATTI menyerahkan sumbangan kepada Masjid Gimelaha Majira Unpatti senilai Rp. 25 juta.

Rakernas dihadiri Dewan Pembina IKAPATTI Zeth Sahuburua, Rektor Unpatti Ambon M.J. Saptenno, Ketua KPU Maluku  Syamsul Rifan Kubangun, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dan wakil Azis Sangkala, Sekot Ambon A.G. Latuheru, Kadis Kominfo Maluku Semmy Huwae, Kadis Kehutanan Maluku Sadlie Lie dan lainnya (*)

Editor : Redaksi