BERITABETA.COM, Ambon  – Walikota Ambon Richard Louhenapessy mencanangkan gerakan Lorong Kebun Beta di Kota Ambon. Warga kota dianjurkan untuk menanam berbagai jenis tanaman hortikultura (sayuran) di semua lorong.

Kegiatan pencanangan kegiatan ini dilakukan Walikota didampingi  Wawali Ambon Syarif Hadler,  Sekkot A.G Latuheru serta Kepala Perwakilan BI Maluku Bambang Pramasudi di di kawasan Pohon Pule, Kelurahan Urusimesing, Kota Ambon, Sabtu (16/3/2019).

“Lorong-lorong yang ada di kota ini harus dimanfaatkan, bukan sekedar dari aspek estetikanya tetapi juga bisa memberikan nilai tambah bagi lingkungan dan masyarakat di sekitar,” kata Walikota dalam sambutannya.

Walikota mengatakan, untuk mewujudkan program ini, pihaknya akan meminta kepada para Lurah untuk ikut membenahi lorong-lorong yang ada.  Selain dengan kegiatan menanam juga dengan kegitan penataan.

Pencanangan gerakan Lorong Kebun Beta dilakukan Walikota Ambon Richard Louhenapessy bersama Wawali Syarif Hadler dan Sekkot A.G Latuheru serta Kepala Perwakilan BI Maluku Bambang Pramasudi, Sabtu (16/3/2019).

“Paling tidak pertama dengan kegiatan pengecatan, apakah itu mural atau juga seni-seni melukis yang edukatif, kemudian kalau itu kita sudah bisa laksanakan akan berdampak secara fisiologis bagi masyarakat untuk lebih hati-hati membuang sampah,” ungkapnya.

Kegiatan penjanangan Gerakan Lorong Kebun Beta  ini  dilaksanakan atas kerja sama Pemkot Ambon dengan Kantor Perwakilan BI Maluku.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Bambang Pramasudi saat memberikan sambutan mengatakan, tekanan inflasi Maluku ini salah satu penyebabnya adalah komoditas sayuran dan bumbu-bumbuan, dimana komoditas sayuran itu berupa wortel, kangkung, bayam dan lainnya, sedangkan bumbu-bumbuan seperti cabai, bawang merah dan bawang putih dan lainnya.

“Kebutuhan masyarakat kota Ambon khususnya cabai, dan sayuran meningkat apalagi di hari-hari besar keagamaan dan di musim – musim tertentu, pasokannya  tidak terlalu pasti, sebab tergantung musim, cuaca, sehingga dalam rangka menambah pasokan tadi,  kita bersama-sama untuk menambah pasokan komoditas-komoditas pangan kita sehingga di saat dibutuhkan selalu ada,” katanya.

Pemerintah Kota Ambon, kata dia,  gerakan Lorong Kebun Beta, merupakan satu apresiasi, karena lorong yang terlihat tadi saat berkunjung ternyata tingkat kebersihannya sangat luar biasa.

“Apa yang sudah dilakukan ini, akan lebih baik lagi kalau sudah ditanam.  Awalnya hanya tanaman hijau atau tanaman hias, akan lebih baik jika ditanam dengan tanaman komoditas yang selama ini kita kurang di Ambon,” bebernya (BB-HES).