BERITABETA.COM, Masohi – Sekolah Tinggi Politeknik Kesehatan [Poltekes] Masohi, kembali mewisudahkan sebanyak 81 lulusannya. Pengambilan sumpah lulusan Diploma III, ini berlangsung di Gedung Mae Oku,  Kota Masohi, Kamis (24/11/2022).

Sekertaris Daerah [Sekda] Maluku Tengah, Rakib Sahubawa dalam kesempatan itu menyampaikan momentum wisuda ini diharapkan  Politeknik Kesehatan, dapat menjadi wadah Sumber Daya Manusia [SDM] di bidang kesehatan.

Dalam kegiatan wisuda ini, politeknik Kesehatan Masohi, mewisudakan sebanyak 62 wisudawan program studi keperawatan, dan program studi  sanitasi sebanyak 19 wisudawan.

Dengan lulusan tiga lulusan terbaik keperawatan, masing-masing  Marcellino dengan IPK 3.88, Fauren Silaya IPK 3.64.  dan Kartika Ambar Fauth IPK 3.60.

Sekda mengatakan, pembangunan kesehatan merupakan salah satu agenda penting dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera. 

"Pandemi COVID-19 semakin menyadarkan masyarakat betapa pentingnya pembangunan sektor kesehatan, di antaranya pembangunan sumber daya manusia yang memadai," ujarnya.

SDM kesehatan, kata dia memegang peranan penting, sehingga kehadiran lembaga pendidikan tinggi di daerah ini secara khusus Program Studi Keperawatan Masohi dan Jurusan Sanitasi dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan SDM kesehatan yang berkualitas.

"Pemerintah Daerah sangat mengharapkan agar tujuan strategis yang diemban lembaga pendidikan Politeknik Kemenkes Maluku dapat selalu memberikan kontribusi pemikiran dalam rangka memacu akselerasi pembangunan daerah," ungkap Sahubawa.

Di samping itu, Sahubawa berharap program studi keperawatan juga mampu melahirkan tenaga kesehatan yang mampu bersaing dalam mengahadapi perubahan dan tantangan zaman.

“Kita tahu kebutuhan dan tuntutan masyarakat juga mengalami perubahan, perubahan yang terjadi hendaknya dapat diantisipasi dan dijadikan sebagai peluang menciptakan pasar kerja,”pungkasnya.

Mewakili Pemkab Malteng, Ia berharap para wisudawan yang telah dikukuhkan senantiasa bersikap profesional, dan menjunjung etika profesi serta komitmen terhadap etika kemanusiaan dalam bekerja.

"Semoga keberhasilan yang saudara-saudari raih ini menjadi pembuka jalan untuk meraih apa yang cita-citakan bahkan dapat meraih sukses yang lebih besar lagi, dan bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa," harapnya (*)

Pewarta : Edha Sanaky