BERITABETA.COM, Ambon – Sebanyak 10 pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Provinsi Maluku mendapat  bantuan modal usaha dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Maluku.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, di Gedung Dekranasda Maluku, pada Rabu (24/2/2021).

Kesepuluh pelaku IKM ini terdiri dari Perajin Tenun Ikat Maluku, Kerajinan Perahu Cengkeh, Kerajinan Anyaman, Kerajinan Batok Kelapa dan Kerajinan Patung Tumbuh, Kerajinan Daun Kuli, Perajin Aksesoris Sisik Ikan, Perajin Aksesoris Tenun dan Perajin Kayu Hitam.

Ketua Dekranasda Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail dalam kesempatan itu mengatakan, pemberian bantuan modal usaha bagi IKM ini merupakan program dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) guna membantu para pelaku kerajinan yang menjadi binaan Dekranasda khususnya di Maluku.

"Kita berharap, dengan adanya bantuan ini, tentunya mampu mendorong perekonomian UKM dan keluarga di tengah pandemi Covid-19," ungkap Widya.

Provinsi Maluku, sebut Isteri Gubernur Maluku ini, dianugerahkan oleh sang pencipta dengan berbagai potensi yang luar biasa, baik sumber daya alam maupun warisan budaya dari para leluhurnya.

Berbagai kearifan lokal tersebut, kata Widya, menjadi anugerah dan keunggulan untuk ditumbuhkan dan dikembangkan.

Menurutnya, sektor industri menjadi domain dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan berbagai potensi tersebut, sehingga dapat memberikan nilai ekonomis bagi kesejahteraan hidup dari para pelaku IKM kerajinan tersebut.

"Para perajin ini merupakan binaan Dekranasda Maluku yang terus melakukan berbagai inovasi dan kerja keras dalam upaya mengembangkan sektor kerajinan sebagai salah satu aset budaya lokal di Maluku," ujarnya.

Dekranasda, kata  Widya akan terus berupaya  memberikan pendampingan, bimbingan teknis, pemberian bahan baku penolong dan promosi.

"Kolaborasi yang dilakukan tentunya sejalan dengan visi dan misi Pemprov Maluku dan stakeholder lainnya termasuk Dekranas," imbuhnya.

Untuk itu, selaku Ketua Dekranasda Maluku, saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu ketua umum Dekranas beserta jajarannya yang telah memberikan perhatian penuh bagi para pelaku IKM kerajinan di Maluku (BB-YP)