BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 27 rumah warga di Kecamatan Kesuy, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT], Maluku dilaporkan rusak diterjang gelombang tinggi dan cuaca ekstrim pada 22 Februari 2022 lalu.

Informasi yang diperoleh beritabeta.com di Bula, Jumat (25/02/2022), rumah warga yang mengalami kerusakan itu tersebar di Negeri Tamher Timur sebanyak 10 unit, Negeri Administratif Otademan 5 unit, Negeri Administratif Rumadurun 4 unit, Negeri Utta 3 unit dan Negeri Ilili 5 unit.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD], SBT Usman Keliobas saat dikonfirmasi media ini mengaku ada kerusakan sejumlah rumah milik warga di Kecamatan Kesuy.

Usman mengungkapkan, sejak kemarin pihaknya menerima laporan dari Camat Kesuy Jefry Warat, ada sekitar 17 rumah milik warga di Negeri Ilili mengalami kerusakan.

"Camat sudah lapor, ada kerusakan rumah di Kecamatan Kesuy. Tapi data yang baru masuk itu di Negeri Ilili, sekitar 17 rumah yang rusak," ungkap Usman Keliobas.

Ditanya terkait kerusakan rumah warga di Negeri dan Negeri Administratif lainnya di Kecamatan Kesuy, dia berujar belum ada laporan resmi yang diterima BPBD SBT dari pihak kecamatan.

Kendati demikian, Usman berujar, saat ini Camat Kesuy sedang memerintahkan staf dan pihak desa untuk mendata dampak kerusakan di masing-masing Negeri dan Negeri Administratif.

"Nanti saya cek camat lagi soal data terakhir, karena tidak semua desa disana [Kesuy] bisa dijangkau dengan jaringan telepon. Jadi memang belum terdata keseluruhan," ujarnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi