BERITABETA.COM, Ambon – Sebanyak 821 atlet Taekwondo dari 4 provinsi masing-masing, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara ikut dalam Kejuaraan Taekwondo Pangdam XVI/ Pattimura Cup 2021.  

Kejuaraan yang digelar Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Maluku pada 24 -28 November 2021 ini dibuka oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan  dipusatkan di Sport Hall, Karang Panjang, Kota Ambon, Kamis (25/11/21).

Gubernur Maluku dalam arahnya yang disampaikan Plh. Sekda Sadli Ie, mengatakan, Taekwondo merupakan olahraga berprestasi dan menjadi salah satu cabang olaraga yang dipertandingkan di Olimpiade.

Untuk itu, para atlet diharapkan mampu menjalani latihan dengan tekun, sehingga dipastikan atlet cabor taekwondo dapat mengharumkan nama Maluku bahkan Indonesia di tingkat internasional.

"Pada Olimpiade Tokyo medali emas diberi bonus oleh Presiden RI sebesar 5,5 milyar rupiah, perak 2,5 milyar, perunggu 1,5 milyar. Ini harusnya menjadi penyemangat dan motivasi bagi para atlet khusus cabor Taekwondo untuk memacu diri dan berprestasi," ujarnya.

Diharapkan, Open Tournament Taekwondo Pangdam Pattimura Cup 2021 menjadi sarana efektif dalam rangka pembinaan taekwondo di Provinsi Maluku.

"Ajang ini harus menjadi ajang kompetisi yang rutin dalam menemukan bibit atket yang berbakat dan berprestasi," tutupnya.

Sementara itu, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan mengajak para atlet untuk  menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran.

Kendati kejuaraan ini menjadi ajang regenerasi atlet Taekwondo potensial di Maluku, untuk selanjutnya dilakukan pembinaan agar dapat membela panji Maluku di berbagai event olahraga berskala nasional dan internasional.

"Ajang ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit atlet taekwondo yang dapat dimanfaatkan pada kejuaraan di level nasional dan internasional di masa yang akan datang," ujar Pandam Pattimura.

Pangdam juga mengucapkan selamat datang di kota berjuluk ‘manise’ kepada para atlet dan pelatih dari Provinsi Maluku Utara, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.