BERITABETA.COM, Ambon - Kasus intimidasi dan kekerasan fisk terhadap wartawan di Maluku kembali terjadi. Berikutnya aksi tidak terpuji itu dilakukan tepatnya di Kantor Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), di Piru Kamis (4/03/2021).

Korbannya, adalah Yasmin Bali, jurnalis media online Malukunews.co. Pelaku adalah Galib Warang, diduga orang dekat Bupati SBB, Mohamad Yasin Payapo.

Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Ambon masing-masing Tajudin Buano (Ketua), Khairiyah Fitri (Sekretaris), dan Nurdin Tubaka (Koordinator Divisi Advokasi mengecam segala bentuk intimidasi dan kekerasan terhadap wartawan di kantor Bupati SBB itu.

Kecaman itu dituangkan dalam pernyataan tertulis AJI Kota Ambon kepda beritabeta.com Sabtu (06/03/2021). AJI Ambon mengurai kronologis kejadian kasus kekerasan terhadap wartawan yang terjadi di kantor Bupati SBB di Piru, Kamis, 4 Maret 2021, sekira pukul 15.00 WIT.

Awalnya, Yasmin bersama dua jurnalis lainnya hendak bertemu Sekd SBB, Mansyur Tuharea untuk wawancara. Namun, Sekda berada di lantai 3 kantor bupati untuk mengikuti seminar yang dihadiri Bupati SBB Mohamad Yasin Payapo bersama staf ahli Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Mereka lalu menuju lantai 3 untuk meliput pertemuan tersebut sekaligus ingin mewawancarai Sekda. Di ujung anak tangga lantai 3, mereka bertemu bupati. Seketika itu, bupati mengeluarkan perkataan yang melarang tiga jurnalis meliput kegiatan seminar.

Mereka bertiga turun ke lantai 2 menunggu setelah Sekda melakukan wawancara usai kegiatan. Beberapa waktu kemudian, mereka kembali ke lantai 3 karena kegiatan telah selesai.

Yasmin lalu masuk ke ruangan Sekda. Sementara dua temannya menunggu di luar. Yasmin belum melakukan wawancara, tiba-tiba oknum Satpol PP menghampiri dan menyuruhnya keluar dari ruangan Sekda atas perintah bupati.