BERITABETA.COM, Ambon  -  Jumlah kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan di Kota Ambon cukup tinggi. Kondisi ini tidak sebanding dengan kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menjadikan Ambon sebagai Kota Layak Anak.

"Peningkatan kasus kekerasan yang terjadi di Ambon sangat kontradiktif dengan semangat Pemkot Ambon menjadikan Ambon sebagai Kota Layak Anak," kata staf Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempauan dan Anak (P2TP2A) Maluku, Lusy Peilouw dikutip dari Antara di Ambon, Kamis (18/11/2021).

Lusy menyebut, kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Ambon hingga posisi Oktober 2021 mencapai 111 kasus dan terbanyak perkaranya didominasi kekerasan terhadap anak.

Peningkatan ini terbilang signifikan di tengah situasi pandemi Covid-19 bila dibandingkan dengan 2020.

"Kalau kita melihat fakta yang terjadi seperti ini sangatlah miris, sebab selama pandemi COVID-19, justru anak lebih banyak menghabiskan waktu mereka di rumah dan belajar secara daring," papar Lusy.

Dikatakan, tingginya angka kekerasan anak dan perempuan di Kota Ambon, karena Pemkot Ambon masih fokus pada upaya penanganan kasus, sementara implementasi Undang-Undang tentang PKDRT belum dilakukan secara maksimal.

"Bila menyandang status Kota Layak Anak, seharusnya kebijakan yang dikeluarkan Pemkot Ambon lebih afirmatif progresif sehingga mampu menekan laju kekerasan terhadap anak dan perempuan," ungkap Lusy.

Ia mengatakan,  salah satu bentuk upaya mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak dan perempuan, harusnya mempercepat pembahasan dan penetapan Perda tentang Perlindungan Anak dan Perempuan yang hingga kini belum diputuskan oleh DPRD Kota Ambon.

Dijelaskan, untuk keseluruhan Maluku, berdasarkan data P2TP2A Provinsi Maluku pada periode Agustus 2021, tercatat sedikitnya terdapat 30 kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan.

Rincianya dari 30 kasus tersebut, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) adalah yang terbanyak yakni 16 kasus.

Kemudian, satu kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), lima kasus Perebutan Hak Asuh Anak, empat kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (KTP/A), tiga kekerasan dalam pacaran, dan satu kasus kekerasan seksual melalui media sosial.

Sedangkan data kekerasan terhadap Perempuan dan Anak yang diakses melalui Aplikasi Sistem Online Perlindungan Perempuan dan Anak  (Simponi) PPA oleh Pemprov Maluku melalui Dinas PPA, dari Januari sampai September 2021, tercatat 145 kasus.