BERITABETA.COM, Masohi - Rolling Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) resmi disahkan dalam rapat paripurna DPRD yang berlangsung di ruang rapat utama Kantor DPRD Malteng, Selasa (8/11/2022).

Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Herry Haurissa dan didampingi Wakil Ketua Demianus Hattu dihadiri oleh lebih dari 22 anggota  dari total jumlah 40 anggota DPRD Malteng.

Sesuai ketentuan, rapat telah memenuhi qorum sehingga seluruh keputusan paripurna DPRD Kabupaten tertua di Maluku itu dinyatakan sah.

 

 

Wakil ketua DPRD Malteng Herry Haurissa menjelaskan dengan diumumkannya hasil rolling alat kelengkapan DPRD pada paripurna, maka secara otomatis seluruh alat kelengkapan dewan Malteng telah sah secara hukum. Selanjutnya DPRD akan marathon melaksanakan tugas negara untuk mengebut sisa waktu yang ada.

"Dengan diumumkannya komposisi seluruh AKD saat ini,maka kami pastikan roling komposis AKD secara otomatis sah secara hukum. Kami yakini setelah paripurna ini,tidak akan ada lagi riak yang menganggu sebab dinamika politik di lembaga ini telah berakhir, selanjutnya waktu yang tersisa ini akan kita kebut guna untuk melaksanakan agenda kerja lembaga yang tertunda" ujar  Haurissa.

Politisi Gerindra  itu menambahkan agenda besar yang harus segera dilaksanakan DPRD adalah pembahasan dan penetapan Peraturan  Daerah (Perda) APBD Kabupaten Malteng tahun anggaran 2023 mendatang.

"Kita akan meminimalisir waktu yang ada, tentu kami pahami bahwa waktu yang ada saat ini cukup mendesak. Namun hal itu bukanlah penghalang untuk menetapkan Perda APBD tahun 2023. Karenanya saya pastikan demi kemaslahatan masyarakat Malteng secara komprehensif,agenda ini akan kami kebut dan dapat kami tetapkan dalam waktu dekat ini" tutur Haurissa.

Berikut Alat Kelengkapan DPRD Kabupaten Maluku tengah yang diumumkan DPRD pada rapat Paripurna Selasa siang tadi adalah sebagai berikut Ketua Komisi I Zeth Latukarlutu,Fraksi Partai PDI Perjuangkan, Komisi II Hasan Alkatiri dari Fraksi Partai Golkar, Ketua Komisi III Sahbudin Hayoto fraksi Partai Gerindra dan Komisi IV Arman Mualo fraksi gabungan Partai PKS,PDI dan PPP.

Selain itu, pimpinan Komisi Paripurna DPRD Malteng juga mengumumkan alat kelengkapan dewan lainnya diantaranya Badan Musyawarah Dewan dan Badan Anggaran eksofisio Pimpinan DPRD, Badan Kehormatan Dewan yang diketuai Fatma Sopalatu Fraksi Partai Hanura dan Badan pembentukan Peraturan daerah (Bapemperda) diketuai oleh Safi'i Boeng Fraksi Partai Demokrat (*)

Pewarta : Edha Sanaky