BERITABETA.COM, Namlea - Ketua DPC Partai Demokrat, Erwin Tanaya mengadu ke Badan Kehormatan [BK] karena dikudeta dari jabatan sebagai Ketua Fraksi Bupolo DPRD Buru oleh Robi Nurlatu dari  Partai Nasdem.

Kudeta ketua fraksi yang dinilai cacat hukum itu. Ketua DPRD, M. Rum Soplestuny saat memimpin rapat paripurna tanggal 22 Juni 2022 lalu juga ikut mengumumkan kondisi ini.

Kudeta di tubuh Fraksi Bupolo DPRD Buru itu secara resmi telah disampaikan Erwin Tanaya melalui dua kuasa hukumnya, Ahmad Belasa dan Ambo Kolengsusu dari Kantor Advocaat Ahmad Belasa SH & Rekan.

Ahmad Belasa dan Ambo Kolengsusu langsung mendatangi gedung DPRD Buru siang guna menyampaikan dari Erwin Tanaya.

Namun, mereka  tidak bertemu langsung dengan para pimpinan dewan, maupun Ketua BK,  karena tidak berada di kantor.

Surat pengaduan tertulis itu hanya diberikan ke Bagian Umum Sekretariat DPRD dan diterima Halim, Kasubag Administrasi untuk diterusksn kepada pimpinan dewan dan BK.

"Inti dari laporan kami adalah pelanggaran tatib plyang sandarannya kami mengacu kepada PP Nomor 12 tahun 2018, kemudian Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib DPRD," jelas Ahmad Belasa kepada para wartawan, di gedung DPRD, Jumat siang (11/8/2022).

Ahmad Belasa dan Ambo Kolengsusu menjelaskan,   yang dilaporkan adalah Ketua DPRD, terkait dengan pengumuman pergantian Erwin Tanaya dengan Robi Nurlatu sebagai Ketua Fraksi Bupolo.

"Harus kami tegaskan, mekanisme pergantian dalam paripurna itu cacad prosedur,"tegas Belasa.

Alasannya,  sesuai PP Nomor 12 maupun Tatib DPRD bahwa fraksi itu merupakan konfigurasi partai politik berdasarkan hasil pemilihan umum, sehingga keputusan-keputusan fraksi menyangkut dengan rolling, pergantian dan bahkan pembubaran adalah hak proregatif partai politik yang berkoalisi dalam Fraksi Bupolo.

"Itu adalah keputusan partai politik dan tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun , apalagi oleh pimpinan DPRD sebagai alat kelengkapan dewan, dan dia di fraksi yang berbeda dengan Fraksi Bupolo,"tegas Belasa.

Belasa dan Kolengsusu mengatakan, pergantian ketua fraksi Bupolo yang hanya semau  DPD Partai Nasdem Buru itu adalah cacad hukum.

Bila alasan pergantian karena ada surat dari Partai Nasdem, tegasnya lagi, kalau posisi ketua fraksi Bupolo  tidak bisa dianulir atau dibawa ke persidangan atau di rapat paripurna untuk diumumkan sebelum ada kesepakatan tiga parpol koalisi.

Belasa menyindir balik pernyataan Ketua Partai Nasdem Buru, Muhammad Daniel Rigan [MDR] yang tidak tunduk dengan kesepakatan tiga parpol yang menetapkan Erwin Tanaya sebagai Ketua Fraksi Bupolo selama satu periode atau selama lima tahun.

Kata Belasa, pernyataan oleh salah satu ketua parpol koalisi fraksi Bupolo itu justru sangat merugikan partai politik yang bersangkutan. "Karena dia tidak mengerti  mekanisme fraksi, dia tidak mengerti tentang mekanisme partai politik di DPRD seperti apa,"sindir Belasa.

Iinformasi yang dihimpun awak media lebih jauh menyebutkan, Erwin Tanaya melayangkan ipengaduan lewat kuasa hukum usai dipanggil petinggi Partai Demokrat di Provinsi Maluku dan di pusat.

Dasar Khusus Pengaduan yaitu Pasal 141 ayat (1, 2 dan 3) Peraturan DPRD Kabupaten Buru nomor 1 tahun 2020 tentang Tata tertib DPRD Kab. Buru.

Pasal 58 ayat (1,2 dan 3 ) Peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi,  DPRD Kabupaten dan DPRD Kota.