Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Buru dengan agenda pembentukan fraksi-fraksi-farksi di DPRD Buru, Selasa (8/10/2019)
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Buru dengan agenda pembentukan fraksi-fraksi-farksi di DPRD Buru, Selasa (8/10/2019)

BERITABETA.COM, Namlea –  Paripurna DPRD Kabupaten Buru telah membentuk sebanyak lima fraksi di lembaga legislatif itu. Pembentukan lima fraksi ini disahkan dalam sidang paripurna yang dipimpin Pimpinan Sementara DPRD Buru, Pembentukan lima fraksi ini disahkan dalam sidang paripurna yang dipimpin Pimpinan Sementara DPRD Buru, Dali Fahrul Syarifudin yang  berlangsung, Selasa siang (8/10/2019).

Keputusan bentukan fraksi juga disahkan secara tertulis oleh Keputusan DPRD Buru Nomor 8 tahun 2019 yang ditandatangani Pimpinan Sementara, Dali Fahrul Syarifudin dan dibacakan oleh Plt. Sekwan Syahfan Umasugi dalam sidang paripurna tersebut.

Wartawan beritabeta.com,  melaporkan lima fraksi yang disahkan itu terdiri dari Fraksi Partai Golkar sebagai fraksi utuh yang terdiri dari delapan anggota.  Dan bertindak sebagai Ketua Fraksi, Fandy Umasugi, Wakil Ya Seh Assagaf dan Sekertaris Marselius Besan.

Kemudian Fraksi PPP yang dipimpin oleh Ketua Fraksi, Bambang Langlang Buana. Fraksi juga menghimpun dua anggota PDIP. Salah satunya  memegang jabatan Wakil Ketua Fraksi atas nama Arifin Latbual. Sedangkan  Sekertaris Fraksi  Maser Salasiwa (PPP).

Sedangkan PKB yang juga mendapat fraksi utuh di DPRD mengikuti jejak Partai Golkar membentuk fraksi sendiri dengan nama Fraksi Kebangkitan Bangsa dan ketuanya Jamaludin Bugis.

PKS, Partai Gerindra dan Partai Hanura dengan total lima kursi bergabung membentuk fraksi sendiri dan diberi nama Fraksi Gerakan Rakyat Sejahtera (FGRS) dengan Ketua M. Rustam Fadly Tukuboya (Gerindra), Wakil Ketua Muhammad Waekabu (Hanura) dan Sekertaris Irfan Papaliya (PKS).

Wakil dari Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Perindo dengan total empat kursi bergabung dalam satu fraksi yang diberi nama Fraksi Bupolo dengan Ketua Erwin Tanaya (Demokrat), Wakil Ketua Rifai Takimpo (Perindo) dan sekertaris Roby Nurlatu (Nasdem).

Sebelum menutup sidang, Dali mengatakan, lima fraksi yang telah terbentuk dan disahkan ini merupakan intisari dari DPRD Kabupaten Buru yang siap mendistribusikan keunggulan sumber dayanya bagi setiap alat kelengkapan di lembaga DPRD Buru.

“Kita berharap semua kecakapan dan karestiritik masing-masing anggota dapat maksimal untuk mengawal aspirasi masyarakat di Kabupaten Buru,”tandasnya.

Dali juga mengajak semua anggota ikut memberi aplous atas terbentuknya lima fraksi di DPRD Buru ini, sambil mengingatkan, bahwa fraksi yang terbentuk ini bukan bermaksud membentuk sekte,  tapi fraksi dibentuk untuk menghimpun anggota dewan untuk didistribusikan secara proporsional pada alat kelengkapan dewan.

“Harapan saya kiranya fraksi – fraksi ini nanti bisa menjadi badan komunikasi politik dan juga wahana saling berbagi dan saling silaturahmi dan  juga saling menasehati satu sama lain, sebagai bentuk rasa indah persaudaraan yang harus didengungkan dalam setiap situasi dan kesempatan kedepan,”pintanya (BB-DUL)