BERITABETA.COM, Ambon – Kejahatan di dunia maya (cyber crime), tak bisa dibendung. Ragam cara dipakai Peretas atau Hacker dengan memanfaatkan jaringan internet untuk “memangsa” korban.

Caranya, pelaku bisa meminta uang hingga mengajak target atau sasaran untuk berbuat mesum dengan cara melakukan Video Call Sex (VCS).

Korban kali ini Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang. Akun Facebooknya dibobol seorang hacker. Peretas lalu mengajak Sekda Maluku (korban) untuk melakukan VCS. Pembobolan akun Facebook Sekda Maluku ini dilakukan orang tidak dikenal alias OTK.

Peretas membangun komunikasi untuk berbuat tindakan tak senonoh itu melalui Messenger.

Sekda Maluku Kasrul Selang mengakui akun facebooknya kini dibobol hacker. Karena itu dia mengimbau masyarakat (warga net) pengguna media sosial Fecbook di Maluku agar berhati-hati dengan aksi penipuan yang kini marak terjadi di dunia maya.

Ia mencontohkan ihwal tersebut tengah dialaminya. Oknum yang tidak bertanggungjawab sengaja menggunakan akun Facebook dengan nama Kasrul Selang. Akun tersebut kini dikuasai oleh orang lain yang meretasnya.

"Saya meminta para pengguna Facebook untuk tidak terpengaruh dengan ajakan atau permintaan dalam bentuk apapun oleh akun dengan nama Kasrul Selang (milik saya), yang kini dikuasai orang lain," imbau Sekda Maluku dalam keterangan persnya yang diterima redaksi beritabeta.com Senin malam, (05/07/2021).

Ia mengaku, peretas yang menggunakan akun Facebooknya itu telah meresahkan banyak orang, karena sempat aktif dan melakukan chatting dengan sejumlah pihak  dengan mengatasnamakan dirinya. “Bahkan ada ajakan untuk melakukan VCS,” ungkap Sekda Maluku.

Ia meminta seluruh masyarakat Maluku agar tidak melayani atau berkomunikasi dengan akun Facebooknya itu. Sebab, saat ini diretas atau dibobol hacker.

“Akun Facebook saya saat ini diretas oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Saya minta warga net agar berhati-hati dengan akun Facebook yang menggunakan nama saya,” anjur Sekda Maluku. (BB-RED)