BERITABETA.COM, Bula — Belum setahun dikerjakan, proyek rehabilitasi ruas jalang Waru - Masiwang,  Kecamatan Teluk Waru, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] sudah mengalami kerusakan parah.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com di Bula, Senin (9/8/2022), proyek yang dibiayai menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah [APBD] 2021 dengan nilai pagu Rp 2.013.400.000.00 ini mulai amblas sejak awal 2022 lalu.

Salah satu sopir lintas Bula - Airnanang, Nyong saat dihubungi media ini mengungkapkan, saat ini kondisi jalan pada ruas tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.

"Kondisi saat ini, kerusakannya lebih parah dari sebelumnya," ungkap Nyong.

Dia mengaku, akibat kerusakan itu, kendaraan roda dua maupun roda empat yang melintas di jalur itu terpaksa harus memilih jalur alternatif di bahu jalan.

Ia juga membeberkan, mobil maupun sepeda motor dari arah berlawanan harus berantrian untuk melewati jalur itu.

"Mobil dan sepeda motor lewat di tepi jalan [aspal]. Kalau kendaraan dari arah berbeda terpaksa mengala, kasih di jalur sebelah lewat baru katong [kami] yang di jalur sebelah menyusul lewat," akuinya.

Warga Kecamatan Tutuk Tolu ini berharap, Pemerintah Kabupaten [Pemkab] melalui Dinas Pekerjaan Umum [PU] SBT segera melakukan perbaikan ruas jalan tersebut.

Pasalnya, jalur tersebut menjadi satu-satunya akses yang dilalui masyarakat yang menghubungkan Kota Bula dan sejumlah kecamatan dan sebaliknya.

"Kami sangat berharap agar pemerintah daerah secepatnya memperbaiki jalur ini, mengingat banyak kerusakan jalan pada ruas Waru - Masiwang ini," harapnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi