BERITABETA.COM, Ambon - Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) ke IV tahun 2022 , resmi dibuka secara meriah di Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (17/11/22).

Acara yang dibuka langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman dengan menghadirkan berbagai penampilan artis-artis Kota Ambon, dan kegiatan lainnya. Rangkaian acara ini dimulai dengan defile dari  11 Kabupaten/Kota se Maluku.

Selain Gubernur Maluku, tampak hadir pula Forkompinda Maluku, para bupati dan wali kota se Provinsi Maluku, serta tamu undangan lainnya turut hadir menyaksikan pembukaan Popmal ke IV itu.

Ketua Umum KONI Provinsi Maluku Murad Ismail dalam sambutannya menyampaikan 5 poin penting kepada para peserta dan  para juri dan Penyelenggara. Pertama, tegakkan keadilan dan kejujuran serta berikan penilaian secara objektif.

Gubernur Maluku juga meminta kepada juri dan hakim maupun penyelenggara, untuk tidak mengecewakan peserta yang ikut bertanding pada POPMAL.

"Saya tegaskan tidak ada ego sektoral, ego marga, family maupun sebagainya, kalau ada laporan ke saya bahwa juri-juri penyelenggara tidak jujur saya coret untuk selama-lamanya tidak perlu berada di koni Maluku," tegas Gubernur.

"Kalau kita hidup kita tidak tegaskan sampai kapan kita bisa menjadi hebat orang Maluku susah sekali kalau mau maju, orang lain hebat tidak belajar diluar itu malah bikin fitnah. Kalau kita tidak bisa merubah mindset kita sampai kapanpun kita tidak akan bisa, pesan saya kepada wasit, juri dan penyelenggara," sambung Murad.

Kedua, kepada para atlet Murad Ismail mengucapkan selamat bertanding, tunjukkan supportifitas dan profesional dalam bertanding. Tidak perlu ada pertikaian apapun tersinggung atau apa saja.

"Saya minta tidak ada atlet yang menunjukkan sikap tidak terpuji dalam cabang olahraga apa saja atletnya ribut, atletnya tidak menunjukkan profesionalisme, dan sikap tidak terpuji saya coret dari atlet itu. Karena kalau kita tidak melakukan langkah-langkah yang tegas dan keras kita sampai kapanpun tidak pernah bisa melangkah maju,"ujar Gubernur.