BERITABETA.COM, Bula –Program Balai Kerja Rakyat (BKR) yang digagas inspiratornya, Fachri Husni Alkatiri (FHA) yang juga Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT), resmi digelar dengan menyasar sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  di Kabupaten SBT.

Program yang diluncurkan  akhir tahun lalu di kota Geser ini, dilakukan dengan menggelar kegiatan berupa pelatihan praktis bagi pelaku-pelaku UMKM dengan materi meliputi marketing, baranding dan packaging untuk UMKM yang siap saing, di sekretariat desa Limumir, Kota Bula,  Senin (17/02).

Tampil sebagai narasumber pengusaha muda Maluku, Isra Prasetya Idris dan diikuti oleh puluhan pelaku UMKM dari kecamatan Bula dan Bula Barat.

Salah satu peserta, Ima yang juga pelaku UMKM di Kota Bula mengatakan, pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan oleh mereka, karena banyak pelaku usaha di SBT kurang ditopang oleh pengetahuan mengenai menejemen dan pemasaran produk yang baik dan tepat sasaran.

“Kami sebagai pelaku UMKM sangat membutuhkan kegiatan seperti ini, karena selama ini kami kurang ditopang oleh pengetahuan menyangkut dengan menajemen dan pemasaran produk yang baik dan tepat sasarn.” Ungkap Ima.

Tanggapan serupa juga datang dari Suaib Loklomin, pengusaha ikan garam dari Kecamatan Pulau Panjang, Gorom. Menurutnya, gairah berwirausaha anak muda di SBT sangat minim. Padahal, lata dia, potensi kewirausahaan di Kabupaten SBT sangat menjanjikan bagi masa depan.

Suaib memastikan, dengan hadirnya kegiatan pelatihan seperti ini secara berkelanjutan, pastinya kedpean anak-anak muda SBT akan termotivasi untuk berwirausaha.

“Kita jarang mengikuti kegiatan seperti ini. Padahal potensi kewirausahaan di SBT sangat menjanjikan bagi masa depan. Dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini secara berkelanjutan, maka saya optimis, anak-anak muda SBT akan termotivasi untuk  berwirausaha,” akuinya. (BB-AZ)