BERITABETA.COM, Bursel – Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulisa meminta pimpinan OPD, camat, kepala desa dan seluruh ASN, agar mampu bekerja sepenuh hati, inovatif, memiliki kredibilitas serta dapat merubahlah mindset untuk mewujudkan visi dan misi Bupati -Wakil Bupati Bursel Periode 2021-2026.

“Laksanakan koordinasi, kolaborasi dan komunikasi yang baik dengan DPRD, penegak hukum, aparat TNI-Polri, instansi vertikal, swasta, ormas serta elemen masyarakat Buru Selatan, agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan baik,” ungkap Bupati Bursel pada acara pisah sambut dengan mantan Tagop Sudarsono Soulisa Bupati Bursel periode 2021-2026, di gedung Serba Guna Namrole, Sabtu malam (26/6/2021).

Safitri juga memintakan perhatian untuk hal-hal yang berkaitan dengan amanat Gubernur Maluku dalam pelantikannya, yakni terkait dengan fenomena alam, yang saat ini sedang musim hujan, masyarakat harus waspada.

“Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Buru Selatan, saya minta mengambil langkah cepat dan tepat guna menjamin keselamatan masyarakat Buru Selatan,” pinta Bupati.

Kemudian, lanjut dia, Kabupaten Buru Selatan yang dianugerahkan kekayaan alam yang luar biasa, agar dapat dijaga dengan mempertahankan kelestarian sumber daya alam agar dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan yang akan datang.

Safitri Malik juga mengingatkan terkait situasi pandemi Covid-19, dimana mengakibatkan penerimaan daerah dari pendapatan asli daerah menurun sangat signifikan.

“Badan pendapatan daerah kabupaten, saya mintakan untuk mengintensifkan sumber-sumber pendapatan daerah yang ada dengan tetap memberikan kesempatan untuk bertumbuhnya ekonomi masyarakat,” pintanya.

Kemudian, kepada perangkat daerah yang menangani urusan dasar dan wajib yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan serta Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Safitri Malik berharap agar dapat memperhatikan dan meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakat Buru Selatan.

“Saya atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah kabupaten Buru Selatan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Tagop Sudarsono Soulisa dan almarhum bapak Ayub Seleky atas kerja keras dan pengabdian yang telah diberikan selama menjadi Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan selama 2 (dua) periode dari tahun 2011-2021,” ungkapnya.

Safitri menjelaskan, setiap pemimpin ada masanya dan waktunya. Kepemimpinan dirinya dan Gerson Selsily sebagai Bupati dan Wakil Bupati merupakan hasil proses politik pemilihan bupati dan wakil bupati Buru Selatan yang dilaksanakan 9 Desember 2020.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Buru Selatan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bawaslu, KPU, aparat TNI-Polri serta seluruh masyarakat Buru Selatan yang telah mengawal seluruh tahapan pilkada sampai dengan pelantikan,” tandas Safitri Malik.

Acara pisah sambut ini, kata dia, merupakan bentuk silaturahmi, dan ini adalah bentuk semangat kai wait yang dimiliki dalam membangun kabupaten Buru Selatan menuju kabupaten yang rukun, adil dan sejahtera.

“Sesuai UU 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, sebuah pemerintah daerah yang dibantu oleh seorang wakil kepala daerah, kepala daerah mempunyai tugas adalah melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas lain sesuai t keputusan peraturan perundang-undangan,” tutupnya (BB-DUL)