BERITABETA.COM, Ambon - Mantan Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulisa mengharapkan, keberhasilan program penurunan angka kemiskinan yang telah ditorehkannya dapat dilanjutkan oleh Bupati baru, periode 2021-2026.

Hal itu disampaikan Tagop usai pelantikan istrinya, Safitri Malik Soulisa sebagai Bupati baru Buru Selatan, menggantikan dirinya. Safitri Malik bersama wakilnya, Gerson Eliaser Selsily dilantik oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail di Ambon, Rabu (22/06/21) sore.

"Dari aspek pertumbuhan ekonomi dan pengurangan angka kemiskinan, kita di Buru Selatan berhasil. Selama 10 tahun (kepemimpinan) angka kemiskinan Buru Selatan nomor dua terendah (di Maluku), setelah Kota Ambon," kata Tagop Solissa.

Dia berpesan, keberhasilan itu harus ditindaklanjuti oleh Pemimpin Buru Selatan yang baru.

"Sebenarnya, jika bukan karena pendemi Covid-19, angka kemiskinan di Buru Selatan sudah paling rendah, karena target kami pada 2021 sudah  mencapai 13 persen. (Tapi) sekarang masih berada pada 15 persen," ungkap Tagop.

Sementara itu, Safitri Malik mengatakan, banyak program yang sudah dikerjakan kepada masyarakat di Buru Selatan. Di antaranya, penurunan kasus stunting dan angka kemiskinan.

"Insya Allah, saya dengan Pak Gerson akan perhatikan masalah stunting dan kemiskinan. (Selain itu), memperhatikan visi misi kami kepada masyarakat saat kampanye," kata Safitri yang didampingi wakilnya, Gerson Selsily saat memberikan ketenangan kepada awak media.

Menurut Safitri, selama 10 tahun menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buru Selatan, tentu dia memiliki banyak pengalaman.

Namun sebagi Bupati, yang lebih diperioritaskan adalah kesejahteraan masyarakat.

"Saya tidak bisa berbicara lebih, karena kami baru dilantik. Tapi saya punya pengalaman dampingi Pak Tagop, tentu ini bukan hal yang baru. Dan yang terpenting adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat,"  pungkasnya.

Dia juga menjelaskan, masalah lain yakni infrastruktur dan kesehatan di Buru Selatan tetap menjadi perhatiannya, lantaran hal itu merupakan bagian dari visi misi  pasangan yang berjargon SMS-Ges (Safitri Malik Soulisa -Gerson) saat berkampanye.

"Saya hanya berharap ke depan Buru Selatan lebih maju dan lebih Sejahtera tidak kalah dengan daerah lain di Maluku. Itu, menjadi komitmen kami," tegasnya.

Pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan Periode 2021-2016 yang digelar 9 Desember 2020, pasangan SMS-Ges keluar sebagai pemenang dengan perolehan suara sebanyak 16.847.

Sementara lawannya, pasangan Hadji Ali - Zainudin Booy (AJAIB) hanya memperoleh 12.677 suara. Adapun pasangan  Abdurahman Soulisa - Elisa Ferianto Lesnussa (MANIS) cuma mampu meraih 9.321 suara. (BB-ENY)