BERITABETA.COM, Ambon - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan para nelayan Provinsi Maluku untuk mengetahui situasi yang dihadapi nelayan setempat di kala pandemi saat ini. Diskusi ini berlangsung di Dermaga Huseka’a Hitu Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Kamis, (25/03/2021).

"Saya ingin mendengar situasi dan urusan yang berkaitan dengan perikanan dan nelayan. Di saat pandemi seperti ini apakah ada kesulitan atau tidak?" tanya Presiden kepada para nelayan.

Sebanyak 16 nelayan yang mewakili para nelayan dari Kabupaten Maluku Tengah yang hadir dalam kesempatan ini mengutarakan pendapat atau menyampaikan curahatan hati (curhat) soal kebutuhan mereka dalam menjalani aktivitas keseharian.

Salah seorang nelayan yang berbicara dengan Presiden berterima kasih kepada Jokowi yang tengah berupaya mewujudkan Provinsi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional atau LIN.

"Terima kasih untuk Bapak Presiden yang telah datang ke Maluku untuk melihat kami khususnya Desa Hitu, untuk menjadikan Maluku sebagai daerah Lumbung Ikan Nasional di Indonesia," ucapnya.

Nelayan tersebut mengungkapkan selama pandemic Covid-19 berlangsung, aktivitas melaut relatif dapat terus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Meski begitu, nelayan setempat memerlukan dukungan terkait alat tangkap ikan.

"Masyarakat (nelayan) di sini lagi kekurangan dalam hal alat penangkapan, rumpon (alat tangkapan ikan tradisional) masih kurang," ungkapnya.

Rumpon merupakan salah satu alat bantu penangkapan ikan yang ditempatkan di tengah laut, baik dangkal maupun dalam. Nantinya, ikan-ikan akan berkumpul di sekitar rumpon tersebut sehingga memudahkan nelayan untuk menangkapnya.

Dalam pengoperasiannya, satu rumpon tersebut dapat dimanfaatkan secara bersama-sama oleh sejumlah nelayan.

Usaii dialog dengan para nelayan, Presiden Jokowi berjanji akan segera membelikan alat bantu tangkap tersebut. Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Presiden juga memberikan bantuan tambahan modal bagi para nelayan tersebut.

"Tadi yang mau dibeli rumpon, besok (segera) diberi. Saya nanti cek sudah dibelikan belum," ucap Presiden Jokowi. (BB-RED)