BERITABETA.COM, Bula — Dinas Pertanian Kabupaten Seram Bagian Timur atau SBT, Maluku mendistribusikan bantuan berupa benih bawang biji kepada enam kelompok tani di bumi Ita Wotu Nusa Jumat, (02/09/2022).

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian SBT Surahman mengatakan, bantuan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN melalui Dinas Pertanian Provinsi Maluku yang diperuntukan bagi kelompok tani di Kecamatan Bula dan Bula Barat SBT.

"Tadi, kami sudah distribusikan bantuan benih bawang biji kepada kelompok tani di Kecamatan Bula dan Bula Barat," kata Surahman kepada wartawan di Bula Jumat (02/09/2022).

Ia menyebut khusus Kecamatan Bula ada empat kelompok yang menerima bantuan ini. Yaitu satu kelompok di Desa Englas, dua kelompok di Desa Fatollo, dan satu kelompok pada Desa Wailola.

Sedangkan untuk Kecamatan Bula Barat hanya dua kelompok di Desa Jakarta Baru yang mendapat bantuan tersebut.

"Untuk Jakarta Baru ada 2 kelompok, Englas 1 kelompok, Fatollo 2 kelompok dan Wailola 1 kelompok. Jadi total 6 kelompok," terangnya.

Selain benih bawang biji, kata Surahman, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan berupa pupuk, mulsa dan plastik naungan persemaian bagi kelompok tani.

"Tadi pagi, selain benih bawang biji, kami juga menyerahkan pupuk, mulsa dan plastik naungan persemaian," imbuhnya.

Ia berharap, pasca penyerahan bantuan tersebut, para kelompok tani [penerima] segera melakukan penanaman, agar hasil dari produksi minimal dapat menyediakan kebutuhan bawang merah di kabupaten SBT.

"Harapannya, para penerima bantuan segera melakukan penanaman, karena kebutuhan bawang di SBT masih sebagian besar didatangkan dari luar," pungkasnya.  (*)

 

Pewarta : Azis Zubaedi