BERITABETA.COM, Bula — Anggota DPR-RI dari Daerah Pemilihan [Dapil] Provinsi Maluku, Mercy Chriesty Barends menggelar sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Kota Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT].

Kegiatan yang berlangsung di Sekretariat Dewan Pengurus Cabang [DPC] Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [PDI-P] SBT, Sabtu (9/4/2022) itu menghadirkan kasisi Masjid se-Kecamatan Bula.

Anggota DPR-RI Mercy Chriesty Barends dalam paparannya secara virtual menekankan tentang pentingnya kehidupan keberagaman antar umat beragama di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu.

Barends mengungkapkan, faktor pengikat keberagaman adalah bagaimana kita menghargai apa yang telah diwariskan oleh bangsa dan negara kita, para pendiri kita, pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Tanpa ini barang, tidak ada Indonesia raya. Mungkin tidak ada Maluku, mungkin Seram sudah lari sendiri, Aru lari sendiri, Kota Ambon lari sendiri. Hanya empat hal inilah yang mengikat kita," ungkap Mercy Chriesty Barends.

Dia menerangkan, dalam rangka mendalami nilai-nilai kebangsaan dan persatuan, momentum bulan Ramadhan tambah dia menjadi kesempatan untuk memperkuat silaturahmi antar sesama.

"Kita orang Maluku ini selalu bilang sagu salempeng pata dua. Dalam keluarga ada muslim, ada kristen, katolik, ada macam-macam di dalam rumpun keluarga yang ada di bumi raja-raja," terangnya.

Anggota Komisi VII DPR-RI dari Fraksi PDI-Perjuangan ini menegaskan, momentum bulan puasa ini harus menjadi semangat untuk terus menjaga dan memperkuat nilai-nilai kerukunan umat beragama.

"Muslim Maluku hadir untuk memperkuat tali silaturahmi dengan saudara-saudari kita yang nasrani, hindu, buddha, mungkin Khonghucu dan kepercayaan-kepercayaan lainnya," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten SBT Arobi Kelian mengungkapkan, kegiatan sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilakukan Mercy Chriesty Barends itu sudah menjadi yang kesekian kalinya yang dipusatkan di SBT.

Kelian membeberkan, pada Ramadhan 2021 lalu, Mercy Chriesty Barends juga melakukan safari Ramadhan di Kota Bula dan membagikan 100 paket Sembilan Bahan Pokok [Sembako] kepada kasisi Masjid dan tokoh agama di kota penghasil minyak bumi itu.

"Ibu Mercy hampir tiap tahun melaksanakan sosialisasi dan reses di SBT. Baru beberapa bulan yang lalu beliau datang dan reses disini dan banyak hal yang beliau serap sebagai aspirasi dari masyarakat dan Pemerintah Daerah [Pemda] SBT," ungkap Arobi Kelian (*)

Pewarta : Azis Zubaedi