BERITABETA.COM, Langgur – Upaya mengendalikan penyebaran coronavirus disease (Covid-19) di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Maluku, terus dilakukan pemerintah setempat.

Setelah mengambil kebijakan menutup akses masuk pelabuhan Yos Sudarso, bersama Pemerintah Kota Tual, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malra kini juga menyiapkan dua hotel dan sejumlah bangunan sekolah sebagai tempat karantina bagi pelaku perjalanan yang masuk ke daerah itu.

“Dua hotel di Malra yang dijadikan sebagai tempat karantina yakni Hotel Langgur dan Hotel Suita, sementara untuk sekolah diantaranya SMP Unggulan, SMK Pelayaran, SMP Alhilal, dan SMEA,” demikian penjelasan disampaikan Pemkab Malra dalam siaran persnya yang diterima, Sabtu (18/4/2020).

Bukan hanya itu, Pemkab Malra juga menyiapkan gedung perpustakaan maupun bangunan dan rumah warga di desa-desa sebagai tempat karantina, sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk meminimalisir atau mencegah wabah Corona Virus Infection Decease 2019 (Covid-19).

Bupati M. Thaher Hanubun selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malra menyatakan, selain menyediakan fasilitas tempat, pemeriksaan kesehatan juga terus dilakukan kepada para pelaku perjalanan yang saat ini menjalani karantina di tempat-tempat yang sudah disediakan baik oleh Pemda maupun yang ada di desa-desa.

“Pemeriksaan terus kita lakukan di posko karantina Hotel Langgur, Hotel Suita, SMP unggulan, SMK Pelayaran, SMP Alhilal, SMEA, Ohoi Sathean, Ibra, Wain Raja, Watngon, Mastur lama Elaar Let, Wab, Debut, Rumadian, Dian Pulau, Tetoat, Ngursit,Wirin, Madwat, Ohoibadar, Warwut, Evu, Letvuan dan Elat,” ujarnya.

Sejauh ini, hasil pemeriksaan terhadap para pelaku perjalanan itu seluruhnya tidak menemukan gejala penderita Covid-19.

“Upaya pencegahan, penyemprotan juga terus kita lakukan dengan melibatkan unsur TNI Polri, kemarin kita semprot di Kantor Bupati, kantor Pengadilan Agama, Hotel Langgur, Hotel Suita, SMP Unggulan, SMK Kelautan, SMP dan SMA Alhilal, SD Inpres Watdek, seputar jalan Watdek, Ohoijang, Perumnas, Perumahan Pemda dan Langgur,” kata Bupati.

Bakti sosial dengan membagikan sumbangan dan doa bersama juga digalakkan dengan melibatkan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), mengunjungi lokasi-lokasi karantina di wilayah Kecamatan Kei Kecil. Pemeriksaan kesehatan kepada penumpang pesawat di Bandara Karel Satsuitubun Langgur, juga terus dilakukan.

Di Kabupaten Malra hingga kini terdapat satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). PDP 02 Jenis kelamin perempuan, umur 47 tahun, beralamat di Ohoi Wab Kecamatan Hoatsorbay dan saat ini sedang di rawat di RSUD Karel Satsuitubun Langgur (BB-OL)