BERITABETA.COM, Jakarta – Dokter Meninggal karena Virus Corona Mereka adalah, dr Bartholomeus Bayu Satrio Kukuh Wibowo dari IDI Cabang Jakarta Barat dan dr Exsenveny Lalopua MKes, pengurus IDI Cabang Jawa Barat.  Exsenveny Lalopua adalah dokter asal Ambon yang menjabat sebagai Dirut RSUD Kota Bandung untuk masa jabatan Maret 2017 hingga Januari 2020.

Kepastian meninggalnya kedua dokter ini, disampaikan melalui akun media sosial. PB IDI mengucapkan duka cita atas meninggalnya dua dokter.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com, Jumat malam (27/03/2020)  menyebutkan, dr. Exsenveny sempat dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Ia menghembuskan nafas terakhirnya, Kamis (26/3/2020).

Berita duka kepergian dokter asal Ambon itu, juga diumukan di media sosial Instagram RSUD Kota Bandung. Dalam postingannya disebutkan, keluarga besar RSUD Kota Bandung berduka.

“Kami segenap keluarga RSUD Kota Bandung mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya dr.Exsenveny Lalopua., M.Kes (Direktur RSUD Kota Bandung Periode Maret 2017-Januari 2020)”

Ucapan Duka Cinta RSUD Bandung

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih membenarkan dua dokter yang meninggal positif virus corona.

“Iya, kemarin meninggalnya. Yang kami umumkan sekarang itu yang meninggal karena COVID-19,” ujar Daeng seperti dikutip dari detikcom, Jumat (27/3/2020).

Daeng belum bisa memastikan apakah kedua dokter yang meninggal ini memiliki penyakit penyerta karena IDI tidak mempunyai data soal ini.

“Kami belum tahu detail, kami hanya begitu dengar beliau meninggal karena COVID-19 kami sampaikan duka itu. Kami masih telusuri, penyebabnya apa dan ditularkan dari mana,” ujar Daeng.

“Karena pemerintah masih belum mau buka data, jadi data yang detail kami belum punya, kami hanya dapat laporan saja dari bawah,” tutupnya.

Sudah 8 Orang Dokter Meninggal

Sebelumnya, PB IDI juga menyampaikan telah kehilangan enam orang dokter akibat terinfeksi COVID-19, pada Senin, 23 Maret 2020. Sehingga total dokter Indonesia yang meninggal karena positif COVID-19 sudah berjumlah 8 orang.

PB IDI mengucapkan belasungkawa atas gugurnya dokter-dokter karena virus Corona (COVID-19). Hal ini disampaikan IDI dalam akun Twitternya, @PBIDI.

“Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) berduka cita amat dalam atas wafatnya sejawat-sejawat anggota IDI sebagai korban Pandemi Covid-19,” tulis dr Daeng.

“Semoga apa-apa yang menjadi perjuangan para sejawat kita diterima oleh Allah SWT dengan limpahan pahala yang mulia. Amin.”

Adapun nama-nama dokter yang meninggal tersebut adalah:

  1. Hadio Ali, Sp.S
  2. Djoko Judodjoko, Sp.B
  3. Laurentius P, Sp.KJ
  4. Adi Mirsaputra, Sp.THT
  5. Ucok Martin, Sp.P
  6. Toni D. Silitonga
  7. Bartholomeus Bayu Satrio Kukuh Wibowo
  8. Exsenveny Lalopua Mkes (BB-IP)