BERITABETA.COM, Ambon – Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Jefry Nataniel Makuku mengungkapkan proses pengisian posisi Wakil Bupati MBD yang sebelumnya dipegang Benyamin Thomas Noach akan ditentukan oleh parpol pengusung.

Siapa yang akan dipilih atau ditetapkan adalah hak dari empat parpol pengusung pasangan Bupati dan Wakil Bupati MBD Barnabas Orno –  Benyamin Thomas Noach, pada Pilkada 2015 lalu.

“Jadi penentuan itu menjadi kewenangan PDI- Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat dan PKPI,” tandas Makuku dalam rilisnya yang diterima redaksi beribeta.com di Ambon, Minggu (2/6/2019), menanggapi ramainya pembahasan seputar siapa yang dinilai layak dalam proses pengisian jabatan Wakil Bupati MBD pengganti  Benyamin Thomas Noach yang kini menjabat sebagai Bupati MBD mengantikan Barnabas Orno.

Anggota DPRD  Kabupaten MBD ini menilai, penentuan siapa figure yang akan diusung  keempat parpol itu,   tentunya akan dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang objektif.

“Saya kira rekomendasi parpol-parpol itu akan jatuh kepada  kader terbaiknya  memiliki kapasitas dan kapabilitas. Dan siapa yang akan bersanding dengan Noach untuk dua tahun tersisa tergantung pemilihan di DPRD MBD,” jelas Makuku.

Terkait dinamika seputar proses pengisian jabatan Wakil Bupati MBD ini, politisi Partai Gerindra itu menilai hal itu menjadi lumra dalam politik, sebab jabatan yang kosong akan selalu menjadi sorotan dan tentunya masyarakat menginginkan hadirnya figure terbaik untuk memaksimalkan jalannya roda pemerintahan di perode yang tersisa ini.

“Intinya sebagai politisi kita tetap mendukung, siapa yang akan dipilih parpol pengusung nanti akan ditetapkan melalui paripurna DPRD Kabupaten MBD. Dan kita berharap hal ini secepatnya dapat terjadi untuk mengisi kekosongan yang ada,” ungkapnya.   

Seperti diketahui, pasangan Bupati-Wakil Bupati MBD Barnabas Orno-Benjamin Thomas Noach, dilantik Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff sebagai Bupati-Wakil Bupati MBD pada 26 April 2016 lalu.

Barnabas Orno kemudian mencalonkan diri di Pilkada Maluku mendampingi Irjen Pol. (Purn) Murad Ismail sebagai Wakil Gubernur Maluku. Posisi Bardabas Orno kemudian diisi oleh Benjamin Thomas Noach, setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengesahkan Benyamin Thomas Noach sebagai Bupati MBD  menggantikan Barnabas Orno yang telah dilantik Presiden Jokowi menjadi Wagub Maluku periode 2019 hingga 2024 di Jakarta pada 24 April 2019.(BB-DIO)