BERITABETA.COM, Bula — Bakal Calon (Balon) Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Rohani Vanath menyatakan kesiapannya untuk ikut bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) SBT yang dihelat 27 November 2024.

Rohani berujar, dia sangat optimis bisa membangun SBT lima tahun kedepan dengan menjadikan Mantan Bupati SBT dua periode, Abdullah Vanath yang merupakan suaminya dan Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas sebagai mentor politiknya.

"Untuk membangun SBT kedepannya, bekal modal dasar saya, saya di back up, saya didampingi oleh kedua mentor politik saya. Yang pertama H. Abdullah Vanath. Mentor saya yang kedua adalah Bupati SBT Bapak Abdul Mukti Keliobas," ujar Rohani Vanath dalam konferensi Pers usai melakukan pengembalian formulir pendaftaran di sekretariat DPC PPP SBT di Kota Bula, Selasa (21/5/2024).

Mantan Anggota DPR-RI ini menerangkan, dia sudah mengetahui secara pasti kelebihan dan kekurangan kedua mentornya dalam memimpin kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu.

Untuk itu, melalui kehadirannya di PPP, dia ingin berjuang bersama-sama guna meningkatkan karya-karya terbaik yang sudah pernah ditorehkan di daerah itu.

"Dalam kepemimpinan beliau (Abdullah Vanath) di SBT saya sudah tahu. Ada kurang, ada lebih. Kurang lebih saya juga sudah tahu kinerja kedua bupati ini (Abdullah Vanath dan Abdul Mukti Keliobas). Insya Allah kedepan saya bersama PPP meningkatkan lagi yang sudah bagus menjadi lebih bagus. Yang belum bagus akan saya tingkatkan lagi," terangnya.

Ia mengungkapkan, kehadiran dirinya secara langsung melakukan pengembalian formulir pendaftaran di PPP itu sebagai momentum bersejarah dalam keterlibatannya sebagai Balon Bupati SBT yang maju melalui jalur Partai Politik (Parpol).

Pasalnya, pada Pilkada SBT 2020 lalu, dia bersama pasangan wakilnya Ramli Mahu yang mengusung jargon 'Nina Rama' itu hanya maju melalui jalur perseorangan.

"Mungkin ini pertama saya masuk bursa calon bupati melalui jalur partai politik yang sekarang ada di kantor DPC PPP SBT," ungkapnya.

Dia membeberkan, selain PPP, dia juga sudah berproses di sejumlah Parpol yang telah melakukan pembukaan penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Ibu empat orang anak itu menegaskan, lewat proses itu, dia membuktikan keseriusannya untuk maju bersama dengan Balon Bupati lainnya dalam momentum politik lima tahunan itu.

Menurutnya, hal tersebut sekaligus untuk mengkonfirmasi kepada publik soal desas-desus yang beredar di masyarakat soal maju dan tidaknya Rohani Vanath pada Pilkada 2024.

"Pada hari ini, saya nyatakan dengan resmi bahwa saya siap maju sebagai Balon Bupati SBT. Ini terkonfirmasi desas-desus yang beredar di luar, masih bingung apakah ibu Rohani maju atau tidak. Jadi ini terkonfirmasi bahwa saya siap," tegasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi