BERITABETA.COM, Bula — Jelang hari Bhayangkara ke-75 tahun yang jatuh pada 1 Juli 2021 mendatang, Polres Seram Bagian Timur (SBT) menggelar vaksinasi Covid-19 massal.

Kegiatan vaksinasi yang berlangsung di Aula Parama Satwika Polres SBT, Sabtu (26/6/2021) itu dihadiri Kapolres SBT Andre Sukendar, Danramil 09/Bula Kodim 1502/Masohi, Kapten Inf Pattimura Lucy Ikhsan, Plt Kadis Kesehatan SBT Samun Rumakabis, Asisten II Idris Boufakar, Kepala BPBD SBT Usman Keliobas dan Kejari SBT Muhammad Ilham.

Kapolres SBT Andre Sukendar mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 menjadi agenda Polri yang dilakukan secara massal di seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Andre mengaku, kegiatan itu dilakukan dalam menyambut hari Bhayangkara. Sehingga TNI, Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) SBT mendorong pelaksanaan kegiatan vaksinasi untuk semua masyarakat di bumi 'Ita Wotu Nusa' itu.

"Insha Allah dengan pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan ini, tentunya kita semua akan terjaga dari virus covid-19 yang sampai dengan hari ini belum ada penurunan yang terpapar" kata Andre Sukendar.

Dia menegaskan, kendati hingga saat ini SBT masih berada pada zona hijau. Namun dia mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah dengan situasi yang ada.

Andre menghimbau agar masyarakat di Kabupaten penghasil minyak bumi itu agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan tetap di rumah jika tidak ada kegiatan yang penting.

"Selain vaksinasi yang kita laksanakan, kemudian lima hal mengenai antisipasi jaga virus ini tetap harus kita laksanakan" tegasnya.

Ia berharap, pelaksanaan kegiatan tersebut menjadi momen yang baik bagi masyarakat yang sampai hari ini terlihat belum menyadari dan merasa takut untuk melakukan vaksinasi Covi-19.

Mantan Kapolres Maluku Tenggara Barat (MTB) itu mengungkapkan, selain yang dilakukan secara serentak pada hari ini. Dinas Kesehatan SBTmelaui jajarannya di RSUD dan Puskesmas lanjut dia, setiap hari melakukan kegiatan vaksinasi.

"Oleh karena itu, mari himbau juga, mari kita dorong keluarga kita, tetangga kita, saudara kita yang ada di rumah atau sekitar rumah untuk kita ajak mengikuti vaksinasi ini. Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan baik dan lancar, dengan ketersediaan vaksinasi yang kita harapkan tidak putus maka kegiatan vaksinasi pun tidak terhenti sampai selesai" harapnya

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan SBT, Samun Rumakabis menjelaskan, terkait seruan Presiden Republik Indonesia Joko Wododo untuk menargetkan satu hari satu juta vaksinasi secara massal menyambut hari Bhayangkara.

Samun mengungkapkan, Dinas Kesehatan SBT membantu melakukan vaksinasi di lima titik, yakni di Polres SBT, Puskesmas Bula, Puskesmas Airkasar, Puskesmas Nama dan Puskesmas Geser.

"Alhamdulillah kemarin kita dapat dosis vaksin dari Kementerian sebanyak 4300, makanya kami mampu dan berani untuk bisa kita laksanakan vaksinasi massal, karena keterbatasan vaksin"

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (Kabid P2P) mengaku, hari ini pihak Dinas Kesehatan SBT mendisteibusikan vaksin ke Pulau Gorom dan Werinama termasuk beberapa puskesmas lainnya di SBT.

Dia juga menargetkan dalam sehari lebih dari 200 dosis vaksin akan diberikan kepada masyarakat, namun target itu lanjut dia tergantung dari ketersediaan dosis vaksin yang diterima Dinas Kesehatan SBT.

"Kita punya vaksin ini terbatas, kemungkinan paling lambat satu minggu vaksin sudah habis. Insha Allah ke depan kita buat lagi lebih besar jika vaksin kita tersedia" pungkasnya (BB-AZ)