BERITABETA.COM, Bula – Masyarakat Seram Bagian Timur (SBT) akan melaksanakan perhelatan demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tanggal 9 Desember 2020.

Anggota MPR RI dari Fraksi PKS,  Saadiah Uluputty mengajak masyarakat di Kabupaten SBT untuk mengokohkan jiwa nasionalisme dan solidaritas.

“Dalam waktu dekat, Seram Bagian Timur akan menghadapi pilkada serentak 2020. Berdasarkan pengalaman, proses Pilkada menjadi salah satu kegiatan yang berpotensi memecah belah masyarakat akibat perbedaan dukungan paslon,” kata Saadiah dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Bula, Senin (17/11/2020).

Bendahara Fraksi PKS MPR RI tersebut berharap agar masyarakat lebih waspada dan bijaksana dalam mengelola perbedaan dukungan.

“Jangan sampai persatuan dan ketentraman di masyarakat terkoyak karena proses Pilkada,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, tokoh perempuan  Maluku ini berpesan bahwa Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan warisan para pendiri bangsa yang harus terus dipelihara dan dijaga bersama.

“Nilai-nilai empat pilar, seperti jiwa nasionalisme dan solidaritas, harus disosialisasikan pada masyarakat agar terwujud dalam keseharian. Kita tidak ingin nilai-nilai ini hanya menjadi simbol yang tidak bermakna,” ujarnya.

Penanaman nilai Empat Pilar Kebangsaan, kata Saadiah, harus dilakukan sejak dini pada anak-anak.

Lebih khusus Saadiah berpesan kepada ibu ibu yabg menjadi peserta terbanyak “Keluarga menjadi tempat utama dan pertama untuk menanamkan nilai-nilai empat pilar seperti nasionalisme, solidaritas dan persatuan. Jadi, kita perlu memberi dukungan pada keluarga agar mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Sementara itu, Penjabat Ketua DPD PKS SBT, Kilang Rumdan, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara tersebut dan meminta masyarakat  tetap menjaga persatuan, saling menghormati dan tidak melanggar hukum dalam proses memberi dukungan pada paslon.

“Mari katong (kita-red)  jaga persatuan, fokus pada upaya perubahan kondisi sosial ekonomi SBT dengan berpegang pada nilai-nilai empat pilar,” ujarnya.

Melihat antusiasme dan keseriusan masyarakat, Saadiah yakin bahwa situasi dan kondisi SBT tetap kondusif di masa Pilkada ini.

“Insya Allah masyarakat SBT tetap solid dan sportif. Mari kita bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta memastikan keamanan dan ketertiban di sekitar lingkungan,” tutup Saadiah (BB-AZ)