BERITABETA.COM, Ambon – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama atau Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin dan jajarannya turut berduka cita atas kepergian H. Mohamad Husni Madubun, jamaah haji asal Kabupaten Kepulauan Aru Provinsi Maluku yang meninggal dunia di Mekkah Senin, (25/07/2022).

Yamin menyatakan, kematian merupakan perjalanan berharga bagi semua makhluk yang bernyawa, dan semua pasti melewatinya.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Keluarga besar Kanwil Kemenag Provinsi Maluku turut berduka cita atas meninggalnya H. Mohamad Husni Madubun di Mekkah Senin kemarin. Semoga Allah SWT mengampuni segala khilaf almarhum, serta menerima dan melipatgandakan seluruh amal ibadah beliau,"ucap Yamin kepada Beritabeta.com Selasa, (26/07/2022).

Kakanwil berharap dan turut mendoakan keluarga yang ditinggalkan agar diberikan ketabahan, kesabaran serta ikhlas dalam menghadapi ujian ini.

“Semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Bagi keluarga yang ditinggalkan kiranya diberikan kesabaran, ketabahan serta dapat mengikhlaskan kepergian almarhum. Semoga Allah SWT menerima amal ibadahnya serta mendapatkan tempat yang mulia di sisi-Nya,” tuturnya.

“Karena kematian merupakan perjalanan berharga bagi semua makhluk yang bernyawa, dan semua pasti akan melewatinya,” pungkas Yamin.

Diketahui sebelum meninggal dunia, H. Mohamad Husni Madubun sempat dilarikan ke Rumah Sakit An’nur Jabal Tsur Mekkah Minggu, 24 Juli 2022.

Berdasarkan keterangan dokter yang mengurus Jamaah Haji asal Maluku di Mekkah, almarhum didiagnosa mengidap sakit ginjal dan komplikasi.

Karena kondisinya saat itu gawat sehingga dibawa ke RS An’nur Jabal Tsur Mekkah untuk mendapatkan pertolongan medis. Tapi, takdir berbicara lain.

Jamaah haji asal Kabupaten Kepulauan Aru Provinsi Maluku yang tergabung pada Kloter 10 UPG ini ternyata dikabarkan telah menghembuskan nafas terakhir atau meninggal dunia di RS An’nur Jabal Tsur Mekkah tepat pukul 02.30 Waktu Arab Saudi, atau pukul 06.30 WIB/pukul 10.30 WIT Senin, (25/07/2022).

Selama menjalani ibadah haji, almarhum H. Husni Madubun menginap pada Hotel Suud Al-Jaurah atau tepatnya di lantai V, Kamar 503 bersama istrinya yakni Hj. Ija Mohamad La Sama.

Setelah meninggal dunia, petugas jamaah haji asal Provinsi Maluku kemudian menyelesaikan seluruh administrasi almarhum di rumah sakit An’nur Jabal Tsur Mekkah. Seterusnya jenazah almarhum diantar ke Masjidil Haram untuk disholatkan.

Sekira pukul 16.35 WAS, ba’da sholat ashar atau pukul 20.35 WIB/pukul 22.35 WIT Senin (25/07/2022), jenazah almarhum kemudian dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum Seraya Makkah dengan nomor kuburan 508,  (*)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy