BERITABETA.COM, Ambon – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Maluku meraih penghargaan juara 1 Nasional Kategori Laporan Keuangan Terbaik Satuan Kerja Kecil Tingkat UAPPAW tahun 2021. Penghargaan tersebut diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam atau Dirjen Pendis Kementerian Agama RI.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama [Kakanwil Kemenag] Provinsi Maluku H. Yamin menjelaskan, selain penghargaan nasional itu, ia Kanwil Kemenag Maluku juga menorehkan enam penghargaan level Provinsi Maluku.

Tujuh penghargaan dimaksud meliputi Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga tingkat wilayah 2021 Provinsi Maluku, dan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), dan Pelaporan BMN di wilayah Provinsi Maluku.

"Secara kolektif, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku menerima 7 penghargaan tingkat nasional dan provinsi," ungkap Yamin kepada wartawan di Ambon Selasa, (28/06/2022).

Ia mengemukakan, mengenai prestasi yang ditorehkan Kanwil Kemenag Maluku itu merupakan komitmen kuat dari seluruh unit kerja, termasuk didukung dengan sumber daya manusia mumpuni dan berkualitas, serta sistem manajemen keuangan yang semakin baik.

“Kami akan terus berupaya untuk mempertahankannya. Sebab, penghargaan ini dapat memotivasi jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Maluku untuk menyusun laporan keuangan sesuai dengan ketentuan dan regulasi,” katanya.

Sementara Kepala Bagian Tata Uasaha (Kabag TU) Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H.M Yasir Rumadaul mengklaim, dengan torehan penghargaan tersebut menunjukkan, dalam pelaksanaan tata kelola anggaran [Kanwil Kemenag Maluku] telah mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ia merincikan, selian juara 1 Nasional Kategori Laporan Keuangan Terbaik Satuan Kerja Kecil Tingkat UAPPAW tahun anggaran 2021 Pendidikan Islam, Kemenag Maluku juga menoeehkan enam prestasi tingkat provinsi.

Masing-masing, peringkat pertama UAPPA-W kategori besar dalam penyusunan laporan keuangan kementerian/lembaga tingkat wilayah 2021 Provinsi Maluku, Direktoret Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku.

Kemudian, juara dua penyusunan laporan keuangan kementerian/lembaga tingkat wilayah tahun 2021 Provinsi Maluku, Direktoret Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku.

Peringkat ketiga UAPPA-W kategori kecil penyusunan laporan keuangan kementerian/lembaga tingkat wilayah tahun 2021 Provinsi Maluku, Direktoret Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku.

Peringkat Ketiga UAPPA-W kategori besar penyusunan laporan keuangan kementerian/lembaga tingkat wilayah 2021 Provinsi Maluku, Direktoret Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku.

Selain itu, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku juga meraih juara 1 dan 2 mengenai pengelola Barang Milik Negara atau BMN, dan Pelaporan BMN di Wilayah Provinsi Maluku tahun 2022.

"Tentunya ini merupakan capaian yang baik. Prestasi tersebut tidak terlepas dari upaya bersama dalam menghadirkan pelayanan dan kinerja yang baik di lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Maluku,” tukas Yasir Rumadaul.  (*)

 

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy