BERITABETA.COM, Ambon -  Investor asal Australia, Tasageoby Group melalui Chief Executive Officer (CEO) Stuart Janes telah menyatakan kesiapannya untuk berinvestasi di Provinsi Maluku dengan  membuka akses transportasi mengoperasikan jenis transportasi Wing-In-Ground (WIG) Craft.

Pengoperasian jenis sarana transportasi WIG  oleh Tasageoby Group ini akan dijalankan anak perusahaan Air Maluku di Kepulauan Maluku dengan mengoperasikan WIP Craft yang diproduksi oleh Perusahaan ARON di Korea Selatan.

Komitmen itu telah disampaikan Stuart Janes dan jajaran direksinya, saat bertemu Gubernur Maluku Murad Ismail di kediaman pribadi kawasan Wailela, Ambon, Jumat (2/7/2021).

Apa saja keunggulan dan WIG, kapal multimodal direncanakan beroperasi tahun 2022 di 3 WIG Ports dengan fasilitas masing-masing satu di Ambon, Banda dan Masohi. Kemudian diikuti oleh 2 port lagi yaitu Sawai dan Namlea ini?.

Dikutip beritabeta.com sumber maritime-executive.com menyebutkan, Korea Selatan saat ini telah memproduksi WIG dengan kapasitas 50 penumpang yang dapat digunakan dalam layanan demonstrasi di Indonesia.

Kapal WIG dapat beroperasi dengan waktu  40 km/jam,  dan dapat melakukan perjalanan pada ketinggian 1,2 m di atas laut yang tenang, itu bisa naik hingga ketinggian 10 m bila diperlukan.

WIG berkapasitas 50 penumpang dapat menempuh jarak 500 kilometer antara Surabaya di Jawa dan Banjarmasin - Banjarbaru di Kalimantan tenggara dalam waktu kurang dari tiga jam.

Untuk meningkatkan navigasi, mini-glider reel-out yang ditambatkan ke kapal akan membawa kamera dengan radar dan naik sekitar 200m di atas laut untuk memindai hingga 50 km ke depan, memungkinkan pilot untuk merencanakan rute yang cocok di sekitar layanan domestik antar-pulau yang bergerak lambat kapal feri.

Pembuat seperti Wing-Ship of Korea Selatan dan Tandem Wing dari Jerman telah menyatakan kemampuan mereka untuk membangun pesaqat wing-in-ground kapasitas yang lebih besar asalkan permintaan pasar terwujud.

Wilayah yang berbatasan dengan Thailand, Cina Selatan, Indonesia, dan Filipina mencakup beberapa pasang kota-kota pesisir yang cukup dekat untuk menjamin pengenalan layanan transportasi penumpang darat berkecepatan tinggi di masa depan.

Di laut yang tenang, kendaraan efek WIG dapat berjalan secara optimal pada ketinggian lima persen dari lebar sayap, atau ketinggian 1,5 m untuk lebar sayap 30m. Dalam kondisi seperti itu dan pada kecepatan yang sama seperti pesawat komuter, kendaraan WIG akan mengkonsumsi energi 25 hingga 35 persen.

Mengingat bahwa menggandakan kecepatan kendaraan meningkatkan konsumsi energi dengan faktor delapan, kendaraan WIG pada 250 km/jam akan membutuhkan kurang dari 10 persen jumlah energi sebagai pesawat komuter yang membawa muatan yang setara pada 500 km/jam.

Atas berbagai keunggulan ini, Stuart Janes yakin biaya pengoperasian transportasi WIG Craft akan jauh lebih murah dibandingkan pesawat komersial biasa. Bahkan kelebihannya, selain jarak yang relatif pendek, kapal WIG dapat mendarat di sejumlah titik di Maluku, hanya mengandalkan pendaratan atau dermaga WIG (floating dock) yang tidak terpengaruh kondisi pasang atau surut.

Untuk menuju ke sana, kata Stuart, perusahaannya ingin membangun Basis Operasi Utama di Ambon, termasuk mendirikan fasilitas perawatan dan mungkin pusat pelatihan WIG Craft, yang mungkin berlokasi di Ambon atau Masohi.

“Pusat pelatihan di Maluku ini akan menjadi yang pertama di luar Korea Selatan untuk produk Aron. Teknologi  WIG Craft secara komersial adalah baru di dunia sehingga jika seseorang membeli WIG Craft ini dari negara mana pun, pilot dan teknisinya  akan dilatih di Maluku dengan biaya dibebankan kepada pembeli ," kata Stuart (BB-DIO)