BERITABETA.COM, Ambon – Program kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dengan  Lembaga Global Labour Solution Australia, kembali membuahkan hasil.  Di Tahun 2020 ini, Pemkot Ambon akan kembali mengirim sebanyak 15 tenaga perawat dari Ambon ke Australia.

Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ambon, Godlief Isak Soplanit kepada wartawan di  Ambon, Kamis (23/1/2020).

“Dari hasil seleksi yang dikakukan telah  terpilih sebanyak 15 orang tenaga perawat yang akan dikirim ke Australia pada 2020,” kata Soplanit.

Menurutnya, ke -15 tenaga perawat ini lolos setelah dilakukan seleksi berupa tes tertulis dan wawancara.  Selanjutnya, tenaga perawat yang lulus akan menjalani pelatihan bahasa Inggris di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

Mereka siap dikirim untuk bekerja di sebagai tenaga perawat di panti jompo di Australia, setelah mengikuti pelatihan bahasa Inggris

Perekrutan tenaga perawat itu merupakan tindaklanjut penandatanganan kesepakatan awal kerja sama di bidang vokasi antara Pemerintah Kota Ambon dan Vocational Education, Training and Employment Australia (VETEA) di Adelaide, Australia, November 2018.

“Tenaga perawat ini bukan berstatus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tetapi tenaga kerja kerja sama pemerintah dan pelaku usaha di Australia. Sebab, kerja sama ini hasil kesepakatan pemerintah. Kita berharap setelah pelatihan mereka juga dapat menyesuaikan budaya masyarakat di sana,” ujarnya.

Dikatakan, belasan tenaga perawat ini telah memenuhi syarat dan mengikuti perekrutan tenaga perawat, karena telah memenugi kualifikasi pendidikan Sarjana Strata Satu (S1) atau Diploma Tiga (D3) kesehatan, fasih berbahasa Inggris dengan nilai tes TOEFL 500 poin, serta punya keterampilan bekerja di bidang kesehatan.

Sebelumnya, di tahun 2019, sebanyak 25 tenaga kerja dengan profesi sebagai perawat juga dikirim ke Australia.

Tahun lalu, terdapat  sebanyak 71 orang pelamar yang berminat bekerja di Australia, sejak dibukanya pendaftaran oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon.

Pendaftaran tenaga perawat lansia di panti jompo Australia terbuka bagi warga Kota Ambon, mulai 13 -24 Maret 2019 setiap jam kerja di kantor Disnaker Passo Ambon.

Sejak proses rekrutmen dibuka, yakni mulai 13 Maret hingga 24 Maret 2019, diketahui animo tenaga perawat untuk kaum lansia di Australia cukup diminati para pencari kerja di Ambon. Jumlah pendaftar telah mencapai 71 orang dari kuota 25 orang yang dibutuhkan (BB-DIO)