BERITABETA.COM - Anggota Komisi X DPR RI MY Esti Wijayati menyatakan dukungan dan mendorongnya terhadap  upaya membangkitkan antusiasme jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Ia mengaku,  euforia maupun antusiasme masyarakat masih belum begitu besar, walau ajang olahraga itu akan berlangsung dalam waktu dekat, kondisi ini terlihat jelas di Kabupaten Mimika. Padahal, PON diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua.

"Yang perlu ditekankan ialah bagaimana mengikutsertakan masyarakat Papua mensukseskan ajang olahraga nasional itu," sebut Esti saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI meninjau sejumlah venue PON di Mimika, Papua, seperti dikutip dari dpr.go.id, Jumat (10/9/2021).

Dari sisi ekonomi misalnya, diharapkan kehadiran PON XX Papua akan mendorong usaha-usaha lokal di sekitar lokasi penyelenggaraannya.

"Saya kira inilah yang kemudian masyarakat di sini (Papua) harus diberi ruang untuk itu," sebut Esti. Jika mungkin masyarakat bisa dikumpulkan untuk diajak kemudian diberi pemahaman bagaimana peluang yang muncul dari ajang PON dan apa yang bisa warga kerjakan untuk kemudian mengambil manfaat dari perhelatan olahraga terakbar se-Indonesia itu.

Selain itu, politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu turut memberikan catatan agar pemanfaatan venue olahraga pasca PON nantinya tifsk terbengkalai.

"Tapi justru bisa dimanfaatkan masyarakat dan memotivasi agar dapat meningkatkan prestasi olahraga yang ada di sini," ungkap Esti.

Untuk itu pemda setempat perlu mengupayakan pemaksimalan penggunaan venue tersebut.

Esti menyadari, untuk merawat venue yang besar itu juga membutuhkan dana yang tidak sedikit dari sisi pemeliharaannya. Maka dari itu perlu diskusi berbagai pihak untuk dapat mendetailkan persoalan itu.

Esti menilai, pesta olahraga yang besar ini juga punya potensi menyisakan persoalan hukum di masa depan.

"Oleh karenanya penggunaan dana serta kemudian pelaksanaan acaranya itu betul-betul harus bisa dipertanggungjawabkan dan Komisi X DPR RI akan berupaya memberikan dukungan bagaimana supaya PON ini bisa terselenggara dengan baik," pungkas legislator dapil Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut (*)

Editor : redaksi