BERITABETA.COM, Ambon — Sebanyak 45 anggota DPRD Provinsi Maluku dijadwalkan akan dilantik dan diambil sumpah pada 17 September 2024 atau pekan depan.

Penjabat (Pj) Sekretaris DPRD Provinsi Maluku, Farhatun Rabiah Samal kepada wartawan di Ambon, Rabu (11/09/2024) mengungkapkan, dalam acara pelantikan tersebut akan dilantik Benhur G. Watubun dan Irawadi sebagai pimpinan sementara DPRD Maluku.

Samal menjelaskan, syarat untuk menjadi pimpinan sementara itu adalah dua partai yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Maluku, yakni PDI-Perjuangan dengan perolehan 8 kursi dan NasDem meraih 6 kursi.

"DPD PDI-Perjuangan Maluku merekomendasikan Pak Benhur dan DPD Partai NasDem Maluku merekomendasi Pak Irawadi,” ungkap Farhatun Rabiah Samal.

Dia membeberkan, sejak 6 September 2024 lalu, DPD PDI-Perjuangan dan DPW Partai NasDem telah merekomendasikan kedua nama pimpinan sementara DPRD Maluku ini.

"Keduanya menjadi pimpinan DPRD Maluku sementara sekitar satu bulan,” bebernya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Maluku, Benhur George Watubun memastikan persiapan pelantikan anggota DPRD Provinsi Maluku terpilih periode 2024-2029 akan dilaksanakan pada 17 September 2024 mendatang.

Benhur mengaku, melalui SK Mendagri, proses pelantikan dilaksanakan sesuai dengan masa jabatan anggota DPRD Provinsi Maluku yakni pada 16 September 2024, namun di hari itu bertepatan dengan peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, sehingga kemungkinan pelantikan tersebut bergeser sehari.

"Melalui SK Mendagri maka proses pelantikan dilaksanakan sesuai dengan masa jabatan anggota DPRD Provinsi Maluku, akhir masa jabatan berakhir pada tanggal 16 September 2024. Namun tanggal 16 September itu bertepatan dengan peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW,  maka kemungkinan pelantikan tersebut bergeser pada tanggal 17 September 2024," ucap Benhur G. Watubun.

Dia membeberkan, saat ini kesiapan pelantikan sudah mencapai 90 persen. DPRD melalui sekretariat telah mempersiapkan pelaksanaan proses pelantikan sambil menunggu SK dari Menteri Dalam Negeri.

"Kini pihak Sekretariat DPRD terus melakukan konsolidasi internal untuk persiapan pelantikan  dan gladi pelantikan," bebernya. (*)

Editor : Redaksi