BERITABETA.COM, Taniwel - Pemerintah melalui PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menyalurkan bantuan pasang baru listrik kepada 3500 kepala keluarga (KK) kurang mampu di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Program yang diberinama Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) ini puncak peresmiannya dilakukan oleh PLN secara simbolis di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang dinikmati sebanyak 451 KK.

Peresmian dan penyalaan telah dilakukan pada Rabu, (6/12/2023) kepada penerima bantuan di Desa Nukuhai, Kecamatan Taniwel, Kabupaten SBB.

Kegiatan peresmian program BPBL ini dilakukan dengan penyalaan listrik  yang dihadiri Anggota DPR RI, Mercy Barends; Kementerian ESDM dari Direktoral Jenderal Kelistrikan (DJK) yang diwakili oleh Koordinator Perencanaan Distribusi Tenaga Listrik, Budianto Hari Purnomo; General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula, dan jajaran manajemen PLN UIW Maluku dan Maluku Utara.

 

 

Anggota DPR RI, Mercy Barends menjelaskan, tujuan program ini adalah untuk bisa memberikan akses keadilan energi, khususnya energi listrik bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama masyarakat di daerah Indonesia Timur. Berkat dorongan yang dilakukan, sehingga pada 2022 nomenklatur pertama dalam sejarah Indonesia menghadirkan program BPBL.

“Jadi, program ini pertama kali dibuka dalam sejarah Indonesia. Di Maluku ini sudah masuk tahun kedua, tahun sebelumnya kurang lebih 1.900an dan di 2023 sebanyak 3.000-an,” terangnya saat menyalakan secara simbolis listrik gratis bagi warga di Desa Nukuhai.

Mercy menegaskan, program ini merupakan kerjasama Komisi VII dengan Kementerian ESDM berkolaborasi dengan PT PLN (Persero).

“Kita akan memastikan program BPBL terus merambah rumah-rumah keluarga miskin. Program ini tujuannya adalah untuk bisa memberikan akses keadilan energi, khususnya energi listrik bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama masyarakat di daerah Indonesia Timur,” sambungnya.

Dengan penerapan program BPBL di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses listrik sebagai bentuk energi berkeadilan.

Bantuan ini sejalan dengan komitmen PLN mendukung program pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi (RE) dan membantu masyarakat memperoleh akses listrik.