BERITABETA.COM, Saparua -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) melalui  Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) menyalurkan bantuan peningkatan kualitas rumah swadaya di Pulau Saparua yang meliputi  Kecamatan Saparua dan Saparua Timur.

Bantuan ini diberikan kepada 17 pemilik rumah yang diserahkan langsung oleh Bupati Malteng Tuasikal Abua didampingi Kepala Dinas PKP Malteng Julius Boro dalam kunjungan kerja di dua kecamatan itu pada Sabtu (23/10/2021).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas PKP Julius menjelaskan, sebanyak 17 unit rumah ini terdiri dari  10 unit  rumah yang berada di kecamatan Saparua dan 7 unit rumah berada di Kecamatan Saparaua Timur.

“Dalam bantuan peningkatan kualitas rumah swadaya ini masing-masing kepala keluarga menerima dana sebesar Rp. 17.500.000.  Dana sebesar ini, sudah disalurkan kepada 100 penerima manfaat  yang tersebar di 6 kecamatan   di Kabupaten  Malteng," ungkap Julius.

Ia merincikan, 6 kecamatan yang menjadi penerima bantuan ini masing-masing, Kecamatan Tehoru, Amahai, TNS, Pulau Haruku, Saparua,  Saparua Timur dan Leihitu.  

“Dana bantuan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Maluku Tengah tahun 2021,” pungkasnya.

Menurut Julius, selain APBD, bantuan peningkatan kualitas rumah swadaya lainnya juga berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang berjumlah Rp. 2.740.000.000.

"Dana ini digunakan untuk membantu perbaikan sebanyak 137 unit rumah yang berada di Kecamatan Seram Utara, Seram Utara Timur Seti, dan Telutih, "ungkap mantan Sekertaris Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PKAD)  Malteng ini.

Dikatakan, bantuan ini sangat membantu masyarakat dalam upaya merehabilitasi rumah-rumah yang masuk dalam ketegori tidak layak huni.

“Kita berharap di tahun mendatang ada penambahan anggaran baik melalui APBD maupun DAK sehingga dapat mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Kabupaten Malteng,” pungkasnya. (*)

Pewarta : Edha Sanaky