BERITABETA.COM, Ambon –  Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, ditetapkan sebagai juara satu pada ajang Maluku Innovation (MI) Award Tahun 2024, melalui inovasi Kalesang Kintal Kosong (KKK). Prestasi ini merupakan yang kedua kalinya diraih oleh Pemkot Ambon.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur, Murad Ismail kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena pada Musrembang RPJP 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025, Pemprov Maluku, dipusatkan di Hotel Santika Premiere Ambon.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan tahun ini ada dua inovasi yang masuk dalam penilaian final di provinsi yakni pertama dari  Inovasi  Alat Kontasepsi Jangka Panjang (Altganjang), yang kedua Inovasi Kalesang Kintal Kosong.

“Ternyata Kalesang Kintal Kosong itu memperoleh nilai sempurna dan akhirnya menjadi juara satu pada MI Award Tahun 2024,” ungkap  Wattimena di Ambon,  Rabu (17/4/2024).

Ia mengungkapkan, Inovasi Kalesang Kintal Kosong  digagas Pemkot Ambon, lewat inisiatifnya ketika menjadi Penjabat Wali Kota. Inovasi tersebut, kata dia untuk membantu masyarakat dalam  memanfaatkan lahan kosong mereka, yang sebelumnya tidak produktif menjadi produktif.

“Program ini juga untuk menjawab tantangan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kota Ambon dan menekan laju inflasi sebagai akibat dari kenaikan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

Dijelaskan Inovasi Kalesang Kintal Kosong merupakan sebuah aplikasi yang dibuat dengan mekanisme masyarakat yang memiliki lahan kosong bisa difoto dan di aploud ke aplikasi, bisa di download di play store  lalu akan terbaca oleh tim terpadu yang sudah dibentuk antara lain dari Bappedalitbang, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan serta beberapa dinas lainnya.

“Jadi tim akan turun indetifikasi dan memverifikasi lahan dimaksud kemudian diintervensi dengan tanaman-tanaman produktif untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari misalnya cabe, sayur, bahkan peternakan ikan air tawar, itu dibuat oleh Pemkot Ambon,”jelasnya.

Menurutnya program tersebut akan berdampak membantu masyarakat menambah pendapatan mereka maupun membantu pihaknya menjawab masalah ketahanan pangan maupun menekan laju inflasi di Kota Ambon.

Ditambahkan tim juri MI Award menilai inovasi dari Pemkot Ambon ini, sangat baik dan bisa dikembangkan untuk menjawab berbagai permasalahan diatas.

“Hasil penilaian tim juri menempatkan inovasi Kalesang Kintal Kosong sebagai  inovasi terbaik memperoleh juara satu,”tutupnya (*)

Editor : Redaksi