BERITABETA.COM, Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kembali menambah lagi satu fasilitas kesehatan berupa Rumah Sakit (RS) Lapangan untuk mengani jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang terus bertambah.

Kebijakan ini ditempuh menyusul, tiga RS Lapangan yang sebelumnya digunakan Pemkot Ambon berupa dua hotel dan satu guest house sudah penuh terisi dengan pasien Covid-19.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, dalam keterangan persnya kepada media, Rabu (14/7/2021), menjelaskan tiga RS Lapangan, dengan daya tampung keseluruhan 230 pasien, sudah penuh terisi.

“Kita tambahkan satu lagi RS Lapangan yaitu di Asrama LPMP dengan kapasitas 119 pasien,” kata Joy.

Menurutnya,  penambahan RS Lapangan ini telah disesuaikan dengan ketersediaan tenaga kesehatan, sehingga pelayanan di Puskesmas tidak terabaikan.

Selain RS Lapangan yang dikelola Pemkot Ambon, kata dia,  ada juga yang dikelola Pemerintah Provinsi Maluku, yakni Asrama Haji Waiheru, dan dalam waktu dekat akan ditambah Balai Diklat Pertanian dan Balai Diklat BPSDM.

“Melihat kondisi ini kita sangat berharap adanya kesadaran masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah, dengan menerapkan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas,” terangnya.

Ia menambahkan, peningkatan kasus Covid-19 saat ini  juga berdampak kepada kondisi tenaga kesehatan, dimana hingga 11 Juli 2021, terdapat sebanyak 95 orang tenaga kesehatan  telah terpapar Covid-19, baik dokter, perawat, maupun SDM kesehatan lainnya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang tidak punya kepentingan selain kepentingan pekerjaan, untuk sementara waktu tetap  berada di rumah. Apabila keluar bekerja, setelah kembali diharapkan dapat membersihkan diri sebelum berkumpul bersama keluarga yang lain,” tutupnya (*)

Pewarta : Feby Sahupala