BERITABETA.COM, Ambon – Pemerintah Provinsi [Pemprov] Maluku melalui Badan Pendapatan Daerah [BPD] meluncurkan program terkait infrastruktur dan kemyamanan membayar pajak.

Program yang diberinama Inovasi Benahi Infrastruktur dan Sistem Agar Nyaman Bayar Pajak [Bisa Ya Bapak] ini, resmi diluncurkan Penjabat Sekretaris Daerah [Sekda] Maluku Ir. Sadali Ie, di Maluku City Mall, sekaligus diresmikannya Samsat Mall pada Jumat (18/11/2022).

Kegiatan ini, juga dirangkai dengan penandatangan kerjasama antara BPD Provinsi Maluku dengan Jasa Raharja, PT. Pembayaran Lintas Usaha Sukses yang dikenal  sebagai Espay Payment Gateway selaku penyedia jasa pembayaran non- bank berizin dari Bank Indonesia.

Kegiatan ini ikut dihadiri Pangdam XI Pattimura, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kepala Jasa Raharja Cabang Maluku, pimpinan instansi vertikal, pimpnan OPD Pemprov Maluku dan unsur terkait lainnya.

Untuk diketahui, sistim e- Samsat Provinsi Maluku dapat diakses melalui gadget, laptop maupun perangkat lainnya yang terkoneksi dengan internet. Sistem dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan metode pembayaran yang beragam.

Misalnya, dengan metode pembayaran melalui Qris, gerai retail seperti Alfamidi, Indomaret, Pos Indonesia, bank dan uang elektronik.

Kepala BPD Maluku Jalaludin Salampessy mengatakan, tujuan dari penerapan inovasi ‘Bisa Ya Bapak’ ini agar terdapat ragam metode pembayaran yang dinilai fleksibel bagi masyarakat perkotaan dan masyarakat di pelosok pedesaan.

E- Samsat kata Salampessy, juga bertujuan untuk menghindari penumpukkan antrian pembayaran pada loket Samsat dan untuk mengoptimalkan tata kelola pendapatan.

“Hal ini juga seiring dengan program pemerintah terkait elektronifikasi pemerintah daerah atau lebih dikenal dengan Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD), ‘ tandas Salampessy.

Saat ini lanjut Salampessy, pihaknya telah menerapkan sistem penilaian dengan Indeks elektronitifikasi transaksi pemerintah Daerah (ETDP).

“Oleh karena itu, melalui penerapan e-samsat di Provinsi Maluku dapat mendorong peningkatan Indeks ETDP secara cepat dan tepat guna”. tambah Salampessy.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail salam sambutannya yang dibacakan Pj Sekda Maluku mengatakan, inovasi melalui program ‘Bisa Ya Bapak, merupakan elemen utama dalam mendukung sistem administrasi menunggal satu atap, yang mendorong kerja kreatif untuk pembayaran pajak di era digital sebagai upaya meningkatkan PAD Provinsi Maluku.

“Saya berharap program inovasi Bisa Ya Bapak dapat tersosialisasi ke masyarakat sampai ke desa-desa dalam wilayah provinsi maluku dengan memanfaatkan system jaringan telekomunikasi yang telah tersedia” harapnya (*)

Pewarta : Febby Sahupala