BERITABETA.COM, SBB - Perusahaan asal Taiwan menyalurkan bantuan dana untuk pembangunan Gereja Betabara di Desa Seriholo, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku.

Penyaluran bantuan dana pembangunan gereja ini diinisiasi oleh Asia Assets Developments Co. Ltd dengan menggandeng dua perusahan lainnya dari Taiwan yaitu PT Tatung, dan anak perusahaannya Forward Electronics Co., Ltd.

Asia Assets Developments Co. Ltd adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang konservasi dan perlindungan hutan, berupaya menyelamatkan hutan di Pulau Seram terutama di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) sejak 2016.

PT Asia Asset Development Co.Ltd bekerjasama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten SBB dan pemegang ijin perhutanan sosial serta kelompok tani hutan untuk menjaga agar pohon di hutan tidak ditebang dan menghindarkan konversi hutan melalui penguatan ekonomi di sektor bukan kehutanan dan membantu pemasaran hasil hutan bukan kayu.

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, PT Asia Asset Development Co.Ltd juga menjalin komunikasi dengan para pihak di Taiwan untuk memenuhi kebutuhan mendasar masyarakat, salah satunya membantu pembangunan gereja.

Direktur PT Asia Asset Development Co.Ltd, Chi Ying -ya dalam keterangannya mengaku, proses awal penyaluran bantuan ini dilakukan setelah pihaknya menerima sebuah proposal permohonan bantuan yang dibawa oleh Ketua Koperasi Pemasaran Shar One Princess, Helena Saranamual.

“Kami menerima proposal dari ibu Helana dan kemudian kami lanjutkan dengan menggalang beberapa pimpinan perusahaan untuk membantu masyarakat di Kabupaten SBB,” ungkap Chi Ying –ya.

Sebagai tindak lanjutnya, pimpinan ketiga perusahaan ini langsung melakukan kunjungan ke Desa Seriholo, Kecamatan Amalatu, bertemu langsung masyrakat setempat dan melihat dari dekat pembagunan Gereja Betabara.

Kedatangan para pimpinan perusahaan dari negara tetangga ini disambut meriah oleh masyarakat Seriholo di Balai Pertemuan Desa Seriholo, Rabu, 18 Oktober 2023.

Penyambutan rombongan dilakukan dengan berbagai atraksi khas Maluku seperti tarian cakalele, tari lenso dan nyanyian kapata, ucapan selamat datang. Dana bantuan yang disalurkan sebesar kurang lebih Rp400 juta dan disaksikan masyarakat.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh para pimpinan perusahaan yang dipimpin Direktur PT Asia Asset Development, Chi Ying -ya. Ia didampingi Direktur Forward Electronics Co., Ltd. Ming Fu-Shaw Ph.D.