BERITAEBTA.COM, Ambon – Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan oleh Rutan Kelas IIA Ambon berkerjasama dengan Yayasan Pelangi Maluku. Para aparatur Rutan Kelas IIA Ambon hadir untuk menjalani pemeriksaan Human Immunodeficiency Virus atau HIV, dan Infeksi Menular Seksual atau IMS pada Sabtu (20/11/2021).

Kepala Rutan Kelas IIA Ambon Jose Quelo mengatakan, pemeriksaan Kesehatan ini sebelumnya juga telah dilakukan terhadap para Warga Binaan Pemasyarakatan atau WBP Rutan Kelas IIA Ambon berlangsung di Graha Pattimura Rutan Kelas IIA Ambon.

Dia menerangkan, pemeriksaan HIV dan IMS terhadap petugas dan warga binaan bertujuan untuk mencegah dan mengetahui kondisi kesehatan para petugas Rutan Kelas IIA Ambon maupun tahanan.

"Terkait hal ini saya berharap seluruh jajaran Rutan Kelas IIA Ambon agar senantiasa menjaga Kesehatan. Apalagi saat seperti sekarang masih dalam situasi Covid-19,” ujarnya.

Dia menganjurkan seluruh aparatur Rutan Kelas IIA Ambon untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, hanya dengan lingkungan yang bersih dapat melahirkan tubuh yang fit dan sehat.

Perwakilan Yayasan Pelangi Maluku Jefry, menurutkan, Rutan Kelas IIA Ambon merupakan Unit Pelaksana Teknis yang merespon cepat termasuk membantu menangani gejala HIV dan IMS.

"Karena itu kami sangat mengapresiasi Rutan Kelas IIA Ambon yang telah berupaya mencegah dan mendeteksi dini penyakit HIV dan IMS mulai dari kepada WBP maupun para petugas Rutan sendiri," tukasnya.

Menurut dia, apabila HIV tidak diobati maka dapat memungkinakan kondisi penderitanya akan memburuk hingga dapat berkembang ke level AIDS.

Penularan HIV dapat terjadi melalui hubungan seks vaginal atau anal, penggunaan jarum suntik, dan transfusi darah. Meskipun jarang, HIV juga dapat menular dari ibu ke anak selama masa kehamilan, melahirkan, dan menyusui.

Diketahui penyakit IMS dapat menular melalui hubungan intim. Pengidap akan merasakan ruam atau lepuhan serta hingga menimbulkan rasa nyeri pada sekitar kelamin.

Dia menyebut banyak jenis penyakit menular seksual seperti chlamydia, gonore, sifilis, trikomoniasis, dan HIV.

"Syukur berdasarkan pengambilan darah oleh petugas kesehatan hari ini, para petugas Rutan Kelas IIA Ambon dinyatakan bebas dari HIV dan IMS,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Redaksi