BERITABETA.COM, Bula — Polres Seram Bagian Timur (SBT) rutin melakukan sosialisasi protocol kesehatan (Prokes)  dan pembagian masker dalam rangka mencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten  SBT.

Pantauan media ini di Bula, Senin pagi (15/02/2021), anggota Polres SBT melakukan giat Ops Yustuni di beberapa lokasi di Kota Bula, Ibukota Kabupaten SBT dengan membawa papan ajakan bertulis ‘Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Ayo Pakai Masker’.

Tidak saja itu, informasi lain yang diperoleh media ini. Giat yang dilakukan Polres SBT itu juga dilakukan Dikmas lantas di SMK Negeri 1 Bula dengan melakukan sosialisasi dan pembagian masker.

Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar kepada wartawan menjelaskan, kegiatan ini sudah dilaksanakan sebelumnya sebagai upaya pendisiplinan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Selain pembagian masker, juga kita menggalakan, menghimbaukan dan mensosialisasikan tentang 4M yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga” kata Sukendar.

Seiring dengan perkembangan, pihaknya mengaku ada sebagian masyarakat di daerah ini yang masih kurang kesadaran dalam menggunakan masker dan manfaatnya.

Dia juga menambahkan, giat pembagian masker secara serentak di masing-masing Polsek ini diakuinya sebagai intruksi Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si. Dimana mulai 4 Februari 2021, setiap hari Polres SBT akan melakukan pembagian masker.

Dia berharap dengan pembagian masker ini, sekaligus mensosialisasikan dan mengingatkan kepada seluruh warga Kabupaten Seram Bagian Timur agar selalu ingat untuk menggunakan masker.

“Jadi tidak hanya saat diberi saja, tapi untuk kedepannya tanpa harus diberi. Kemana pun saat keluar dari rumah melakukan aktivitas harus menggunakan masker” imbaunya.

Mantan Kapolres Maluku Tenggara Barat (MTB) ini juga mengungkapkan, ada sejumlah lokasi di Kota Bula yang menjadi titik pembagian masker. Namun lanjut dia, titik-titik itu dilakukan roling atau pergantian.

Lokasi-lokasi itu sebut Sukendar meliputi simpang KPU, pelabuhan Sesar dan simpang-simpang dimana ada interaksi dengan pengguna jalan raya. Begitu pun pada Polsek sejajaran.

Diakuinya, kegiatan ini kedepannya akan dilakukan secara terus-menerus. Baik pada tempat kegiatan masyarakat yang lainnya seperti pasar maupun maupun rumah-rumah ibadah. (BB-AZ)