BERITABETA.COM, Ambon – Berbagai persiapan dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga atau Dispora Provinsi Maluku, sebelum keberangkatan kontingen Maluku menuju arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang akan dihelat pada 2 - 15 Oktober 2021.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Sandy Wattimena menyebut, sebanyak 45 atlet Maluku akan ikut di 14 cabang olahraga atau Cabor yang diperlombakan dalam even empat tahunan itu.

"Kami terus lakukan persiapan mulai dari administrasi hingga latihan bagi para Atlet," ujar Sandy Wattimena kepada wartawan di Ambon, Kamis (26/08/2021).

Sandy mengatakan, pelaksanaan PON XX Papua berlangsung di empat tempat. Yaitu; Jayapura Kota, Kota Mimika dan Merauke.

Untuk keberangkatan kontingen dari Maluku dilakukan per gelombang, yaitu sesuai jadwal pertandingan.

Ia mengatakan, jadwal pertandingan ada yang dimulai pada September, di mana rencana pembukaan PON XX oleh Presiden RI pada 2 Oktober 2021.

"Karena ada beberapa pertandingan dan lomba berlangsung pada September, sebelum pembukaan PON oleh Presiden maka akan kita sesuaikan,"tuturnya.

Ia menyebut untuk keberangkatan ada 4 gelombang. Awal September hingga terakhir pada 29 September 2021 adalah gelombang ke-4.

“Ini kita sesuaikan dengan jadwal lomba dan tanding. Kita bisa bawa semua sekaligus, bila perlombaan hanya dilaksanakan di satu lokasi,” ujarnya.

Karena, kata dia, karena pelaksanaan PON XX Papua berlangsung di 4 Kabupaten/Kota, maka keberangkatan kontingen Maluku dilakukan secara bertahap atau per gelombang.

Ia mengaku terkait berbagai persiapan, semuanya berjalan dengan baik. "Semoga kita bisa dapat prestasi yang baik di PON XX Papua. Kita harus optimis untuk raih prestasi bagi Maluku," harap Sandy.

Diketahui, PON XX Papua berlangsung pada 2 – 15 Oktober 2021 akan diikuti sekitar 7.066 atlet dari 34 Provinsi se-Indonesia.

Mereka akan berlaga di 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabor, dan 679 nomor pertandingan atau perlombaan.  (*)

Pewarta : Febby Sahupala