BERITABETA.COM, Ambon - Gubernur Maluku Murad Ismail resmi menutup Pekan Olahraga Provinsi Maluku [Popmal] ke -IV tahun 2022. Penutupan event olahraga tingkat Provinsi Maluku ini dilangsungkan di Lapangan Merdeka Ambon, Minggu sore (27/11/22).

Hasil perolehan medali yang diterima beritabeta.com menyebutkan, Kota Ambon menjadi juara umum pada Popmal dengan memboyong 182 medali yang terdiri  dari 76 medali emas, 52 medali perak, dan 54 medali perunggu.

Posisi kedua ditempati oleh Kabupaten Maluku Tengah dengan raihan 19 emas, 21 perak dan 21 perunggu.  Posisi ketiga Kabupaten Kepulauan Tanimbar 14 emas, 13 perak dan 22 perunggu.

Selanjutnya,  Kabupaten Maluku Tenggara dengan 12 emas, 9 perak dan 26 perunggu. Kabupaten Seram Bagian Barat meraih 7 emas, 10 perak dan 25 perunggu. Kabupaten Kepulauan Aru berhasil meraih 6 medali emas, 7 perak, dan 9 perunggu.

Sedangkan, Kabupaten Buru Selatan meraih 5 emas, 14 perak dan 22 perunggu. Kabupaten Maluku Barat Daya meraih 4 emas, 10 perak dan 18 perunggu.

Kabupaten Buru 4 emas, 9 perak, 11 perunggu. Kabupaten Seram Bagian Timur 4 emas, 3 perak, 11 perunggu. Posisi terakhir ditempati Kota Tual yang hanya meraih 3 perak dan 7 perunggu.

Ketua Panitia Popmal Provinsi Maluku Mustafa Kamal dalam laporannya mengatakan penghargaan ini dipersembahkan oleh para atlet dari berbagai kabupaten/kota.

Menurutnya, terdapat 17 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan memperebutkan 528 medali yang terdiri dari 151 medali emas, 151 medali perak, dan 226 medali perunggu.

"Pada suatu pertandingan tentu ada pemenang, juga ada yang belum berhasil meraih prestasi untuk para pemenang teruslah berlatih dengan gigih dan bagi yang belum berhasil tetap tekun dalam semangat untuk meraih prestasi pada ajang dan event yang akan datang,"katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Koni Provinsi Maluku Murad Ismail dalam sambutannya menjelaskan tentunya ajang Popmal ini menjadi momentum untuk mengembangkan potensi olahraga di Provinsi Maluku.

“Ini juga sebagai wadah dalam mempersatukan diri mengikuti ajang olahraga tingkat nasional dan ke-21 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024,” kata Murad.

Murad juga menyampaikan dua hal penting. Pertama atas nama Pemprov Maluku dan Ketua KONI Provinsi Maluku, memberikan apresiasi dan ucapan rima kasih kepada Pangdam XVI/Pattimura, Kapolda Maluku, Bupati/Walikota serta aparat keamanan dan TNI/Polri panitia dan penyelenggara.

“Tak lupa kepada para wasit juri, para pihak dan seluruh masyarakat Maluku yang telah berpartisipasi dan mendukung penyelenggaraan Popmal dapat berjalan dengan baik dan sukses,"ucap Murad.

Kedua,  kepada seluruh pemangku kepentingan yang bertanggung jawab terhadap pembinaan dan pengembangan olahraga tingkat Provinsi Maluku, baik itu KONI pengurus cabang olahraga prestasi, pemerintah daerah, baik pemerintah kota, pemerintah kabupaten dan semua pihak terkait, agar melakukan langkah-langkah konstruktif secara berkelanjutan berkesinambungan guna menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi.

"Kita sebagai Ketua KONI dan Gubernur Maluku selalu mendukung semua prestasi yang ditunjukkan dari anak-anak kita. Kita akan mendukung sampai ke manapun. Kita tetap memberikan dukungan untuk menjadi yang terbaik bukan saja di Maluku dan Indonesia,"ujar Murad.

Murad juga menambahkan semua orang tentu saja berharap atlet-atlet jebolan Tahun 2022, akan meraih sukses dan mengharumkan nama baik Provinsi Maluku pada ajang regional nasional bahkan internasional (*)

Pewarta : Feby Sahupala