BERITABETA.COM, Bula — Puluhan Tenaga Kesehatan [Nakes] dan Tenaga Pengajar atau Guru yang menjabat sebagai karateker desa di Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] bakal dikembalikan tahun ini ke tempat tugas masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa [PMD] SBT, M Bahrum Weul Artafella kepada beritabeta.com di Bula, Jumat (11/3/2022).

Bahrum menandaskan, pihaknya memastikan untuk tahun 2022 ini digelar Pemilihan Kepala Desa [Pilkades] serentak yang diprioritaskan pada desa yang dipimpin oleh Nakes dan Guru.

"Saya prioritaskan untuk guru dan Nakes, saya akan selesaikan dulu untuk tahap pertama. Sekitar 50 pejabat yang dari Nakes dan guru," tandas M Bahrum Weul Artafella.

Mantan Camat Kiandarat itu membeberkan, pada 2022 ini Dinas PMD SBT telah menganggarkan sebanyak Rp400 juta untuk pelaksanaan Pilkades serentak.

Kendati demikian, dia belum memastikan kapan pelaksanaannya, sebab pihaknya akan terlebih dahulu mengusulkan untuk direvisi Peraturan Bupati [Perbup] nomor 17 tahun 2018 untuk disesuaikan dengan masa pandemi Covid-19.

"Perbup nomor 17 tahun 2018 kita revisi, SK saya sudah buat baru semua, tahapan juga panitia sudah menyerahkan ke bagian hukum. Semua sudah selesai baru kita menyurati Kemendagri untuk desa-desa yang masuk Pilkades tahun 2022," bebernya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi