BERITABETA.COM, Tual — Presiden Republik Indonesia [RI] Joko Widodo [Jokowi] meresmikan jembatan gantung Wear Fair yang menghubungkan Pulau Fair Kota Tual dan Pulau Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara [Malra], Rabu (14/9/2022).

Presiden RI Jokowi dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, keberadaan jembatan gantung Wear Fair ini sangat penting untuk mobilitas orang maupun barang.

"Jembatan Gantung Wear Fair ini penting sekali untuk mobilitas orang maupun barang, bisa mendukung peningkatan kecepatan distribusi barang dan jasa," ungkap Jokowi.

Jokowi menerangkan, jembatan dengan panjang 120 meter dan lebar 1,8 meter ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur secara merata hingga ke seluruh pelosok tanah air.

Ia mengaku, dalam satu tahun pemerintah membangun sekitar 200 jembatan serupa sebagai akses konektivitas warga, baik antarkecamatan, antardesa, maupun antarpulau.

"Yang kita bangun itu bukan hanya jalan tol yang gede-gede, atau pelabuhan yang gede-gede, atau airport yang gede-gede, tapi jembatan antardesa, jembatan antarpulau yang seperti ini juga ini setahun kita bangun kurang lebih 200-an jembatan gantung seperti ini antardesa, antarkecamatan, antarpulau yang kecil-kecil," akuinya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo kembali  melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku pada Rabu (14/9/2022).

Presiden dan rombongan lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.00 WIB dan tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara, pada pukul 13.19 WIT.

Di Bumi Larvul Ngabal, Presiden akan menghadiri sejumlah agenda. Agenda pertama, Presiden dan rombongan akan  Jembatan Wear Fair yang merupakan jembatan penghubung antara Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Agenda Berikutnya, Presiden Jokowi dijadawalkan akan menyerahkan bantuan sosial berupa BLT bahan bakar minyak (BBM) dan sembako kepada masyarakat penerima manfaat di Kantor Pos Tual.

Selain itu, Presiden juga akan mengunjungi Pasar Tual di Kota Tual untuk menyerahkan bantuan sosial kepada para pedagang pasar.

Sore harinya, Kepala Negara diagendakan untuk meninjau unit pengolahan ikan di PT Samudera Indo Sejahtera (SIS). Di tempat yang sama, Kepala Negara juga dijadwalkan untuk berdialog dengan para nelayan dan pembudidaya rumput laut.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana selanjutnya akan bermalam di Kabupaten Maluku Tenggara untuk melanjutkan agenda kerja esok hari.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerjanya antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, dan Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko.

Kedatangan Presiden disambut, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, Gubernur Maluku Murad Ismail bersama Ibu Widya Pratiwi Murad, Seperti dilaporkan saat tiba di Langgur, Presiden dan rombongan disambut Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen Ruruh Aris Setyawibawa, Danlantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.

Kemudian, Anggota DPR RI Hendrik Lewerissa, Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov, Bupati Kabupaten Malra M. Thaher Hanubun dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Malra.

Sepanjang jalan dari  Bandara Karel Sadsuitubun, Langgur, terlihat warga berdiri sambil menyaksikan kedatangan orang nomor satu di republik ini. Nampak warga begitu bersemangat sambil meneriakkan "selamat datang" saat rombongan Presiden melintasi (*)

Pewarta : Febby Sahupala