BERITABETA.COM – Pencinta sepak bola dunia kini tengah menanti kabar terbaru tentang mega bintang Lionel Andrés Messi yang baru saja resmi diumumkan meninggalkan klub La Liga FC Barcelona.

Lionel Messi resmi meninggalkan Barcelona pada Jumat, (6/8/2021) dini hari WIB. Kabar di atas langsung mengaitkan Lionel Messi dengan dua klub raksasa Eropa, yakni Paris Saint-Germain (PSG) dan Manchester City.

Namun, media asal Spanyol, Marca, menulis kemungkinan Lionel Messi sulit bergabung dengan dua klub di atas. Jika Manchester City atau PSG ngotot mendatangkan Lionel Messi, mereka berpotensi melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Manchester City baru saja mengeluarkan 100 juta pounds atau sekira Rp1,99 triliun untuk mendatangkan Jack Grealish. Ditambah lagi, Manchester City kabarnya masih memburu tanda tangan penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane.

Posisi La Pulga (Si kecil) begitu sebutan bagi Messi,  memang bisa didatangkan secara gratis. Namun, gajinya Messi masuk kategori sensasional. Di Barcelona (setelah dipotong gaji 50 persen), Lionel Messi menerima 61,5 juta pounds atau sekira Rp1,22 triliun per tahun!

Nominal itu pun menempatkan Lionel Messi sebagai pesepakbola dengan gaji tertinggi di dunia. Bagaimana dengan Paris Saint-Germain (PSG)?

Menurut laporan L’Equipe, PSG minus 120 juta euro atau setara Rp2 triliun sepanjang musim lalu. Jika dihitung lebih panjang, PSG saat ini defisit 200 juta euro!

Karena itu, demi mengurangi defisit PSG wajib menjual pemain. Karena itu, Ketika PSG tengah mencoba menyeimbangkan neraca keuangan mereka, agak sulit melihat Les Parisiens -julukan PSG– mengontrak Lionel Messi.

Kondisi ini membuat pria kelahiran  24 Juni 1987 itu seperti menghadapi dilemma dalam menjalankan karirnya di dunia sepak bola.  Jurnalis ESPN, Julien Laurens, menaruh optimistis Lionel Messi bisa bertahan di Barcelona.

Syaratnya, otoritas Liga Spanyol (LFP) akan mengubah aturan batasan gaji di Liga Spanyol demi mengizinkan Lionel Messi bermain bersama Barcelona.

Pasalnya, ada skema batasan gaji di Liga Spanyol. Total dari 20 klub peserta Liga Spanyol, maksimal hanya diizinkan mengeluarkan uang untuk gaji pemain sebesar 2,33 miliar euro atau sekira Rp39,5 triliun per tahunnya.

Sudah Punya Niat Pindah

Peluang bergabungnya Messi dengan klub lain di luar Barcelona memang terbuka labar. Pada musim panas tahun lalu, Messi sendiri sudah ingin keluar dari Barcelona yang telah dibelanya selama 20 tahun itu, namun justru ditahan oleh Presiden Barcelona sebelumnya Josep Bartomeu.

Sebaliknya, kini di saat Messi dirumorkan bersedia untuk bertahan di Barca dengan gaji dipangkas 50 persen, justru Blaugrana memutuskan untuk tidak mengikat La Pulga.

Penulis persepakbola Spanyol, Guillem Balague, mengungkapkan bahwa Messi sudah sepakat memperpanjang kontrak hingga 2026, walaupun gajinya harus dipotong hingga setengahnya.

Namun Barca harus menjual sejumlah pemain untuk mendanai kontrak baru itu - dan mengurangi anggaran gaji sekitar 200 juta euro untuk memenuhi persyaratan aturan keuangan (Financial Fair Play) La Liga.

Masalahnya hal itu masih sulit dilakukan. Antoine Griezman, Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho - dan yang lain-lain - masih terus digaji.

Laporta (Presiden Barcelona) optimistis, sedangkan pihak Messi kurang optimistis. Namun, tidak satu kali pun dikatakan mustahil. Sedangkan situasi keuangan klub itu "sangat kritis," kata Ernest Macia dari Radio Catalunya.

Messi telah menghabiskan seluruh karier profesionalnya bersama Barcelona, di mana ia memenangkan 34 piala, termasuk sepuluh gelar La Liga, tujuh gelar Copa del Rey dan empat Liga Champions UEFA.

Messi merupakan seorang pencetak gol yang produktif dan playmaker kreatif.  Ia juga  memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di La Liga (474 gol).

Gol terbanyak di La Liga dan Eropa dalam satu musim (50 gol), trigol terbanyak di La Liga (36) dan Liga Champions UEFA (8) serta umpan gol terbanyak di La Liga (192), umpan gol terbanyak La Liga dan Eropa selama satu musim (21) dan umpan gol terbanyak di Copa América (17).

Lalu, klub mana yang bisa menjadi pelabuhan baru Messi? Yang jelas klub yang mampu menggaji Messi. Saat ini mungkin Manchester City dan Paris Saint Germain (PSG) memiliki keinginan dan kemampuan finansial untuk menggaet Messi.

Messi berpeluang pindah ke Man City yang sudah menginginkan kehadiran La Pulga sejak musim lalu. Di mana, mantan pelatihnya di Barcelona, Pep Guardiola, ingin kembali bersatu dengan Messi di Man City (*)

Berbagai sumber